PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MLALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS V SDN JATIREJO 2 DEMAK

SEPTIYANAWATI, EKA (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MLALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS V SDN JATIREJO 2 DEMAK. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (505kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan keterampilan guru, dan hasil belajar siswa kelas V SDN Jatirejo 2 Demak pada pembelajaran PKn materi keutuhan NKRI melalui penerapan model Numbered Head Together. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswa setelah mengikuti kegiatan belajar yang mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Numbered Head Togethermerupakan suatu model pembelajaran diskusi kelompok yang mengedepankan kerjasama antar kelompok dalam memecahkan suatu permasalahan yang diberikan. Masing-masing anggota kelompok akan mendapat kartu bernomor yang berbeda dikepala siswa. Siswa yang nomornya dipanggil harus menyampaikan hasil diskusi kelompoknya didepan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Tanggart yang dilakukan dalam siklus. Adapun tahapan penelitian ini yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian guru dan siswa kelas V SDN Jatirejo 2 Demak dengan jumlah 15 siswa. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas yakni model Numbered Head Together, sedangkan variabel terikat yakni hasil belajar siswa kelas V SDN Jatirejo 2 Demak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data diperoleh dari tindakan yang dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Hasil Penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya penelitian keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dari siklus I (72,50%) menjadi (84%) pada siklus II. Hasil belajar pada materi keutuhan NKRI mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari siklus I(66%) menjadi (69,67%) pada siklus II. Hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I (67%) menjadi (78,50%) dan hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I (65,50%) menjadi (77,50%) pada siklus II. Berdasarkan hasi penelitian tindakan kelas dilakukan pada siswa kelas V SDN Jatirejo 2 Demak dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan hasil belajar PKn pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik materi keutuhan NKRI siswa kelas V SDN Jatirejo 2 Demak. Saran yang diberikan peneliti kepada siswa yakni siswa harus percaya diri dan lebih aktif saat berdiskusi keompok dan lebih menghargai pendapat teman maupun kelompok lain.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Kata Kunci: Numbered Head Together, HasilBelajar PKn, dan NKRI
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 22 Mar 2019 02:07
Last Modified: 22 Mar 2019 02:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9333

Actions (login required)

View Item View Item