NURJANAH, LULUK (2018) PENERAPAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA CROSSWORDPUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI BALEADI 01 SUKOLILO PATI. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (613kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (114kB) | Preview |
PDF (lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstrak
Hasil belajar yaitu tingkat keberhasilandalam mempelajari materi diukurdari pengetahuan belajar siswa. Numbered HeadTogether adalah pembelajaran berkelompoksetiap kelompok bertanggung jawab atas tugasnya, tidak ada pemisahan terhada siswa, semuabertanggung jawab. Crossword Puzzleyaitu media sangat tepat mengajarkan penghafalan, menyenangkan karena media permainan. Hipotesis tindakan penelitian yaitu penerapan model Numbered Head Together berbantuan media Crossword Puzzel untuk meningkatan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan siswa kelas V SDN Baleadi 01 Sukolilo Pati. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN Baleadi 01 Sukolilo Pati dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Numbered Head Together dan media Crossword Puzzle.Variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian peningkatan ranah kognitifterdapat nilai persentase siklus I (75%), siklus II (85%), presentase nilai afektif siklus I 70% menjadi 83% siklus II, presentase nilai psikomotorik siklus I 71% menjadi 85% siklus II. Pengelolaan pembelajaran model Numbered Head Together berbantuan media Crossword Puzzlemeningkat, persentase siklus I 71% menjadi 85% siklus II. Terbuktibahwa penerapan model Numbered Head Together berbantuan media Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada materi proklamasi kemerdekaan kelas V SDN Baleadi 01 Sukolilo Pati. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dilakukan kelas V SDN Baleadi 01 Sukolilo Pati dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Head Together bebantuan media Crossword Puzzledapat meningkatkanhasil belajar IPS siswa materi proklamasi kemerdekaan kelas V SDN Baleadi 01 Sukolilo Pati. Disarankan dalam menerapkan model Numbered Head Together, guru harus memberikan pembelajaran kelompok agar siswa saling bekerjasama serta penggunaan media mempermudah mengahafal serta tidak bosan dalam proses pembelajaran
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtono, M.Pd |
Kata Kunci: | Numbered Head Together, media Crossword Puzzle, Hasil Belajar, Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:10 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:10 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9360 |
Actions (login required)
View Item |