PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA KAYANYA NEGERIKU MELALUI MODEL TIME TOKEN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 DERSALAM KUDUS TAHUN AJARAN 2017/2018

ANISTYA, RACHMA (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA KAYANYA NEGERIKU MELALUI MODEL TIME TOKEN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 DERSALAM KUDUS TAHUN AJARAN 2017/2018. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
HAL. DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (474kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran time token dan menjelaskan keterampilan guru, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa pada tema kayanya Negeriku kelas IV SD 1 Dersalam Kudus. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh siswa setelah menerima berbagai pengalaman belajar. Time token adalah model pembelajaran yang menekankan menekankan pada aktivitas siswa untuk memberikan kesempatan kepada seluruh siswa agar berkontribusi dalam menyampaikan dan mendengarkan suatu pendapat. Materi yang dikaji adalah tema kayanya Negeriku muatan IPS tentang sumber daya alam dan lingkungan serta materi Bahasa Indonesia tentang teks bacaan, kosakata baku, kalimat efektif dan wawancara. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yakni peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, serta peningkatan hasil belajar melalui model time token pada siswa kelas IV SD 1 Dersalam Kudus tahun ajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan pada kelas IV SD 1 Dersalam Kudus dengan subjek penelitian 36 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran time token. Variabel terikatnya adalah hasil belajar. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Time Token meningkat setiap siklusnya. Pada persentase keterampilan guru memperoleh rata-rata klasikal 85% kategori baik dan meningkat pada siklus II 92.5% kategori baik. Persentase aktivitas siswa aspek afektif pada siklus I memperoleh 82.5% kriteria baik dan meningkat pada siklus II sebesar 95% kriteria baik. Pada aktivitas siswa aspek psikomotor siklus I memperoleh 83% kriteria baik dan meningkat pada siklus II sebesar 94% kriteria baik. Pada aspek kognitif nilai prasiklus muatan IPS sebesar 25%, pada siklus I meningkat menjadi 75% kriteria cukup dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 89% kriteria baik. Pada muatan Bahasa Indonesia persentase nilai prasiklus sebesar 31%, meningkat pada siklus I menjadi 78% kriteria baik dan pada siklus II meningkat menjadi 92% kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Dersalam Kudus dapat disimpulkan bahwa model Time Token pada tema kayanya Negeriku dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar kognitif siswa. Peneliti menyarankan agar para guru memberikan motivasi dan inovasi dengan model-model pembelajaran agar siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd.,
Kata Kunci: Hasil Belajar, Tema Kayanya Negeriku, Time Token.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 22 Mar 2019 02:11
Last Modified: 22 Mar 2019 02:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9371

Actions (login required)

View Item View Item