NI’MAH, KHOIRUN (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA MUSIKALISASI PUISI PADA SISWAKELAS V SD 3 JEPANG. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
Hal. judul.pdf - Accepted Version Download (472kB) | Preview |
PDF (bab 1)
Bab I.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (524kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (140kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (187kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran demonstrasi berbantuan media musikalisasi puisi dan menemukan peningkatan keterampilan guru, siswa, dan keterampilan membaca puisi padasiswakelas V SD 3 Jepang. Penelitian tindakan kelas akan dilaksanakan di kelas V SD 3 Jepang dengan subjek penelitian 21 siswa. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing tiap siklus adalah dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi dan media musikalisasi puisi, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa materi membaca puisi pada siswa kelas V SD 3 Jepang. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi. Validitas isi utamanya ditentukan atau dasar pertimbangan dari pakar (expert judgement). Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketuntasannilaiketerampilan membaca puisi siswa yang cukupsignifikanantarasiklus I (67%), dansiklus II (90%), didukungdenganpeningkatanaktivitasbelajarsiswapadasiklus I (79%), menjadi (86%) padasiklus II. Pengelolaanpembelajaranketerampilan membaca puisi menggunakan metode demonstrasi berbantuan media musikalisasi puisi juga mengalamipeningkatanpadasiklus I (67%), menjadi (86%) padasiklus II.Hal itumembuktikanbahwapenggunaan metode demonstrasi berbantuan media musikalisasi puisi dapatmeningkatkanketerampilan membaca siswapadamateri membaca puisi kelas V SD 3 Jepang. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadakelas V SD 3 Jepang dapatdisimpulkanbahwapenggunaan metode demonstrasi berbantuan media musikalisasi puisi dapatmeningkatkanketerampilan membaca siswapadamateri membaca puisi kelas V SD 3 Jepang.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Irfai Fathurohman, S.Pd |
Kata Kunci: | Keterampilan Membaca, Puisi, Demonstrasi, Musikalisasi. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:11 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:11 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9372 |
Actions (login required)
View Item |