IMPLEMENTASI STUDENT TAEM ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD 4 TEMULUS KUDUS

PRAYITNO, TRI (2018) IMPLEMENTASI STUDENT TAEM ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD 4 TEMULUS KUDUS. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of hal  judul] PDF (hal judul)
HALAMAN JUDULL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah peningkatkan hasil belajar, mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru melalui penerapan model pembelajaran STAD pada siswa kelas IV SD 4 Temulus Kudus. Hasil belajar IPS merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman IPS belajar sebagai bukti keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Modelpembelajaran STAD merupakan pendekatan Cooperative Learning yang menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Media gambar adalahberbagai peristiwa ataukejadian,objekyangdituangkan dalambentukgambar-gambar,garis,kata- kata dansimbol-simbol. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD 4 Temulus yang berjumlah 17 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Student Team Achievement Divisions,sedangkan variabel terikat yaitu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam empat pertemuan dengan dua siklus. Setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara guru, observasi aktivitas siswa dan keterampilan mengajar guru, tes, serta dokumentasi. Dengan instrumen penellitian berupa pedoman wawancara, lembar observasi, dan soal tes pilihan ganda. Data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa telah terjadi peningkatan ketuntasan klasikal dari siklus 1 ke siklus 2, dari 65% menjadi 88%. Nilai rata-rata tes evaluasi juga meningkat dari 65,52 menjadi 75,75. Peningkatan juga terjadi untuk keterampilan mengajar peneliti juga meningkat dari 2,35 dengan kriteria baik menjadi 3,24 dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa dengan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 4 Temulus. Peneliti menyatakan bahwa upaya untuk mengoptimalkan proses pembelajaran IPS, guru sebaiknya menyajikan pembelajaran yang menarik bagi siswa, sehingga siswa lebih termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Untuk peneliti selanjutnya dengan model Student Team Achievement Divisionssebaiknya dapat membimbing setiap karakter siswa dengan tepat untuk memahami dan menyelesaikan masalah, serta peneliti selanjutnya diharapkan untuk memperlihatkan waktu pengelolaan pembelajaran sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Student Taem Achievement Divisions, Media Gambar ,Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 22 Mar 2019 02:11
Last Modified: 22 Mar 2019 02:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9373

Actions (login required)

View Item View Item