PUTRI ALL SHIFA, DHENA (2018) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI BERBANTU MEDIA VISUALUNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD 2 TERBAN JEKULO KUDUS. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
Hal.judul.pdf - Accepted Version Download (465kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (954kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (548kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (180kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Make a Match pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi berbantu media Visual untuk peingkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Terban Jekulo Kudus. Hasil belajar merupakan perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi berbantu media Visual untuk meningkatkan hasil belajar kelas IV SD 2 Terban Jekulo Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksankan di kelas IV SD 2 Terban dengan subjek penelitian 26 siswa.Penelitian ini berlangusng selama dua siklus, masung-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan.Tahapan pada penelitian tindakan kelas ini yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model Make a Match dan media Visual, sedangkan vaiabel terikat adalah hasil belajar. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dukumentasi, dan tes.Analisis data yang digunakan berupa analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan hasil belajar ranah kognitif siklus I sebesar 69,23% dan siklus II menjadi 92,31%. Hasil belajar ranah afektif meningkat dari siklus I sebesar 50% (kurang) menjadi 100% (sangat baik) pada siklus II.Hasil belajar ranah psikomotorik meningkat dari siklus I sebesar 96% (sangat baik) menjadi 100% (sangat baik) pada siklus II.Aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 100% (sangat baik) menjadi 100% (sangat baik) pada siklus II.Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari siklus I sebesar 71,42% (baik) menjadi 82,14% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 2 Terban Jekulo Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model Make a Match berbantuan media Visual dapat ,menigkatkan hasil belajar pada materi perkembangan teknologi kelas IV SD 2 Terban Jekulo Kudus. Peneliti menyarankan guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakterisitik siswa yang suka bermain contohnya menerapka model Make a Match dan menggunakan media yang menarik serta sesuai dengan materi agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Model Make a Match, Media Visual, Hasil Belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:11 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:11 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9375 |
Actions (login required)
View Item |