Raharjo, Supardi (2012) Pengaruh Metode, Materi, dan Trainer Terhadap Keberasilan Pelatihan Otomotif pada UPT BLK Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria kudus.
Preview |
PDF (Hal.Judul )
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Download (219kB) |
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (91kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka )
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (110kB) |
PDF (Lampiran )
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
Abstrak
Indonesia saat ini masih menghadapi permasalahan ketenagakerjaan yang sangat komplek. Jumlah pengangguran secara akumulatif terus meningkat secara tajam sejalan dengan meningkatnya jumlah lulusan pendidikan sekolah, untuk itu perlu adanya pemberdayaan Balai Latihan Kerja (BLK) yang ada. BLK sebagai salah satu instrumen pengembangan sumber daya manusia yang diharapkan dapat menjadi “Agent of Change“ untuk mentransfer pengetahuan, keterampilan dan etos kerja produktif belum dapat melaksanakan fungsi secara maksimal dan memberikan kontribusinya secara optimal guna menghasilkan tenaga kerja kompeten sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dalam rangka mengatasi pengangguran. Dari uraian latar belakang di atas maka perumusan masalahnya dalam penelitian ini adalah : Pertama, Apakah ada pengaruh metode pelatihan, materi pelatihan, trainer terhadap keberhasilan pelatihan otomotif pada UPT BLK Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kudus secara parsial?; Kedua, Apakah ada pengaruh metode pelatihan, materi pelatihan, trainer terhadap keberhasilan pelatihan otomotif pada UPT BLK Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kudus secara berganda? Variabel Bebas (Independent Variabel) dalam penelitian ini metode pelatihan (X1) materi pelatihan (X2) dan trainer (X3), dan Variabel Terikat (Dependent Variabel) adalah Keberhasilan pelatihan otomotif karyawan (Y). Jenis dan sumber berupa data primer dan data sekunder yang bersumber dari UPT BLK Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kudus. Populasi seluruh peserta pelatihan otomotif di UPT-BLK Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kudus sebanyak 460 peserta, dengan menggunakan rumus slovin maka diambil sampel sebanyak 82 peserta. Uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas) dilakukan kepada 20 responden sebelum melakukan penelitian (analisis data). Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik kuesioner, dan dokumentasi. Pengolahan datanya berupa editing, coding, scoring, dan tabulasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik meliputi analisis regresi berganda, Uji Hipotesis (Uji t uji F), Koefisien Determinasi (R2) dengan Adjusted R Square. Berdasarkan hasil analisis data mengenai pengaruh metode pelatihan, materi pelatihan, dan trainer pelatihan terhadap keberhasilan pelatihan otomotif, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : 1. Ada pengaruh yang signifikan antara variabel metode pelatihan, materi pelatihan, dan trainer pelatihan terhadap kemampuan sikap mandiri peserta pelatihan pada UPT-BLK Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kudus secara parsial yang didasarkan pada hasil pengujian diperoleh variabel metode pelatihan nilai thitung sebesar 4,228, materi pelatihan thitung sebesar 2,350, trainer pelatihan thitung sebesar 2,910, ketiganya memiliki nilai thitung > ttaabel sebesar 1,991 dan Prob 0,05, sedangkan secara berganda ketiga variabel independen yaitu : metode pelatihan, materi pelatihan, dan trainer pelatihan berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan pelatihan otomotif pada UPT-BLK Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kudus yang didasarkan pada nilai Fhitung sebesar 146,959 > Ftabel sebesar 2,720 dan memiliki nilai signifikan di bawah 0,05. 2. Dari hasil analisis regresi berganda ternyata variabel metode pelatihan memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,302 (unstandardized coefficients), Beta sebesar 0,451 (Standardized Coefficients) dan memiliki prob. sig. Sebesar 0,000 atau 0% yang berarti mempunyai pengaruh lebih besar dibandingkan dengan variabel materi pelatihan dengan koefisien regresinya sebesar 0,140 (unstandardized coefficients), Beta sebesar 0,211 (Standardized Coefficient)s dan prob. sig. Sebesar 0,021 atau 2,1%, variabel trainer pelatihan dengan koefisien regresinya sebesar 0,212 (unstandardized coefficients), Beta sebesar 0,300 (Standardized Coefficient)s dan prob. sig. Sebesar 0,005 atau 0,5%, Sedangkan pengaruh kontribusi ketiga variabel tersebut sebesar 84,4% terhadap keberhasilan pelatihan pada UPT-BLK Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kudus.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing I = Drs. H. Taufik,Ms,MM |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Teknologi > Kerajinan tangan. Seni dan kerajinan. > Pelatihan manual. Bengkel kerja. Balai latihan |
Program Studi: | Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1) |
Depositing User: | Users 2136 not found. |
Date Deposited: | 13 Sep 2013 02:12 |
Last Modified: | 13 Sep 2013 02:12 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/940 |
Actions (login required)
View Item |