ARDIANTO ISKANDAR, PUGUH (2018) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK BERBASIS CERITA RAKYAT JEPARA SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN LITERASI SISWA DI SEKOLAH DASAR. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
PDF (bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (628kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (491kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
Bab VI.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (305kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk menciptakan dan mengembangkan media pop up book berbasis cerita rakyat Jepara sebagai media pembelajaran yang membantu siswa untuk mempermudah menerima isi cerita dan menumbuhkan literasi siswa. Penelitian ini dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang terjadi di sekolah dasar. Permasalahan tersebut yakni guru banyak menggunakan metode ceramah dalam bercerita. Guru belum bisa mengembangkan media untuk membantu siswa dalam bercerita. Media yang digunakan guru dalam pembelajaran bercerita hanya dari cerita luar daerah dan literasi siswa yang masih minim. Permasalahan ini membuat peneliti mengembangkan media pop up book berbasis cerita rakyat untuk menumbuhkan literasi siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model Borg dan Gall dengan tujuh langkah saja, di antaranya: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk. Data dalam penelitian ini adalah data tentang media pop up book dapat menumbuhkan literasi, prototipe media pop up book dan keefektifan media pop up book diperoleh melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi.. Sumber data yakni siswa dan guru kelas V di SD Negeri 1 Ngasem, SD Negeri 5 Ngasem, dan SD Negeri 2 Geneng. Hasil prototipe pop up book melalui komponen cover buku dengan ilustrasi setiap cerita berbeda, judul buku menarik, dan warna cover menarik. Komponen halaman pop up book dengan ilustrasi tiga dimensi, halaman penuh warna, dan cerita dengan gambar terpisah. Komponen isi cerita dengan menapilkan cerita dari daerah Jepara, dialog antar tokoh bervariatif, tulisan sesuai ukuran buku, tata letak cerita beda dengan gambar, dan adanya nilai karakter yang bervariasi di setiap cerita. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa media pop up book efektif dan diperoleh hasil dari SD 2 Geneng sebesar 4,288>1,69, SD 1 Ngasem sebesar 2,177>1,73, dan SD 5 Ngasem sebesar 2,371>1,169. Hasil t hitung > t tabel maka H1 diterima dan terdapat keefektifan media pop up book yang diterapkan di kelas V sekolah dasar. Hasil angket menumbuhkan literasi sebesar 85,56% dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtono, M.Pd., |
Kata Kunci: | Media Pembelajaran, Pop Up Book, Cerita Rakyat, dan Literasi. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 01:39 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 01:39 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9413 |
Actions (login required)
View Item |