VREANZIE PRIMADIAZ, RINNADA (2018) PENERAPAN MODEL STUDENT FASILITATOR EXPLAININGBERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWAKELAS IV SD 5 TEMULUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (800kB) | Preview |
PDF (bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (365kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (392kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (50kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
Bab VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (16kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (134kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
Abstrak
Keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada materi mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat terdapat peningkatan dengan mengiplementasikan model Studet Fasilitator Explaining berbantu suatu media kartu soal yaitu tujuan penelitian ini. Model Student Fasilitator Explaining adalah suatu model yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengemukakan pendapatnya. Siswa dapat mengemukakan pendapatnya melalui bagan atau peta konsep. Media kartu soal adalah media yang berisi soal-soal yang nantinya dibacakan oleh siswa dan dijawab oleh siswa yang lainnya, soal tersebut disusun oleh guru. Pelaksanaan penelitian ini di kelas IV SD 5 Temulus. Subjek dri penelitian ini yaitu peneliti sebagai guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 21. Pelaksanaan penelitian ini yaitu dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Pada penelitian ini terdapat ariabel bebas yaitu Student Fasilitator Explaining dan media kartu soal. Sedangkan variabel terikat yaitu hasilbelajar IPS. Pada penelitian ini dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada penelitian ini terdapat metode pengumpulan data yaitu dokumentasi, wawancara, tes, observasi. Perolehan data dari tindakan dilakukan dengan cara analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Terdapat peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar siswa dengan implementasi model Student Fasilitator Explaining berbantu media kartu soal, hasil ini dikaji melalui hasil penelitian yang telah diperoleh. Keterampilan guru siklus I yaitu 82,38% (baik), pada siklus II menjadi 93,18% (sangat baik). Ketuntasan klasikal hasil belajar ranah kognitif siklus I yaitu sebesar 76,14%. Ketuntasan klasikal hasil belajar ranah kognitif siklus II menjadi 90,47%. Hasil belajar ranah afektif siklus I yaitu 79,69% (baik), pada siklus II menjadi 89,1% (sangat baik). Hasil belajar ranah Psikomotoriksiklus I yaitu 78,82% (baik), pada siklus II menjadi 89,7% (sangat baik). Dikaji dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti di kelas IV SD 5 Temulus maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat peningkatan pada keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada materi mengenal koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada SD 5 Temulus pada implementasi model pembelajaran Student Fasilitator Explaining berbantu media kartu soal. Pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, guru dapat melakukan berbagai variasi dalam pembelajaran. Guru dapat membuat kondisi pembelajaran yang lebih menyenangkan. Peneliti mengharapkan bagi para pembaca dapat mengembangkan proses pembelajaran untuk selanjutnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtono, M. Pd. |
Kata Kunci: | Student Fasilitator Explaining, Hasil Belajar IPS, media kartu soal |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 01:35 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 01:35 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9432 |
Actions (login required)
View Item |