PURWANTI, DIYAN (2018) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTU MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS IV SD 4 GETASSRABI GEBOG KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (974kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (502kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (794kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (345kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (210kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, aktivitas belajar dan keterampilan mengajar guru dengan menerapkan model pembelajaran Picture And Picture dengan berbantu media kartu pada mata pelajaran IPS materi mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi . Model pembelajaran Picture and Picture merupakan suatu metode yang diterapkan dalam pembelajaran dengan menggunakan gambar yang diurutkan menjadi urutan yang logis. Prestasi belajar IPS yang diperoleh peserta didik setelah mereka mendapatkan pengalaman belajar. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah prestasi belajar IPS, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru dengan diterapkannya model pembelajaran Picture And Picture dengan berbantu media kartu kata pada siswa kelas IV SD 4 Getassrabi dapat meningkat. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 4 Getassrabi dengan subjek penelitian 17 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari tindakan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I yang menunjukkan 59% dan pada siklus II menjadi 88%. Keterampilan mengajar guru pada siklus I 76,5% dan meningkat pada siklus II menjadi 81%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapatkan 64,12% dan meningkat pada siklus II menjadi 75,31%. Pada ranah afektif siswa pada siklus I menunjukkan 66,76% dan meningkat pada siklus II menjadi 90,14%. Pada ranah psikomotorik siswa pada siklus I menunjukkan 63,84% dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 81,73%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 4 Getassrabi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Picture And Picture berbantu media Kartu Kata dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas belajar siswa kelas IV di SD 4 Getassrabi. Saran dalam penelitian ini guru menggunakan model pembelajaran Picture and Picture ini sebagai referensi dalam memilih model pembelajaran supaya lebih menarik pada saat proses pembelajaran dan siswa akan lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd., |
Kata Kunci: | Prestasi Belajar IPS, Model Picture And Picture, Media Kartu Kata |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 01:23 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 01:23 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9445 |
Actions (login required)
View Item |