ADI KOMALA, NISA (2018) PENERAPAN MODEL TIME TOKEN BERBANTUAN PERMAINAN THE BOMB QUESTION UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN BERPENDAPAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
PDF (hal judul)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (571kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (931kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (586kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (39kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (252kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui penerapan model Time Token berbantuan permainan the bomb question dalam meningkatkan keberanian berpendapat siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD 5 Gondoharum, Jekulo, Kudus, (2) mengetahui peningkatan keterampilan guru dalam menerapkan model Time Token berbantuan permainan the bomb question dalam meningkatkan keberanian berpendapat siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD 5 Gondoharum, Jekulo, Kudus. Keberanian berpendapat merupakan kegagahan dan rasa tidak takut dalam mengungkapkan ide, anggapan, atau pemikirannya. Time Token adalah model pembelajaran yang menekankan pada kegiaatan berbicara atau berpendapat. Model pembelajaran Time Token menggunakan kupon berbicara sebagai jalan untuk berbicara atau berpendapat dalam pembelajaran. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model Time Token berbantuan permainan the bomb question dapat meningkatkan keberanian berpendapat dan keterampilan mengajar guru di kelas IV SD 5 Gondoharum. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di kelas IV SD 5 Gondoharum Jekulo Kudus dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan 2 pertemuan di setiap siklusnya. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model Time Token berbantuan permainan the bomb question sedangkan variabel terikatnya adalah Keberanian Berpendapat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keberanian berpendapat siswa pada mata pelajaran IPA materi sistem rangka manusia dari siklus I sebesar 54% (cukup berani) menjadi 75% (berani) pada siklus II. Keberanian berpendapat siswa memiliki hubungan berbanding lurus dengan hasil belajar kognitif siswa. Ketika keberanian berpendapat meningkat, hasil belajar kognitif juga meningkat. Selain itu juga terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru dari siklus I sebesar 68% (baik) menjadi 84% (sangat baik) pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Time Token berbantuan permainan The Bomb Question dapat meningkatkan keberanian berpendapat siswa dan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD 5 Gondoharum.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Yuni Ratnasari, S.Si., M.Pd. |
Kata Kunci: | Time Token, The Bomb Question, Keberanian Berpendapat. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 01:23 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 01:23 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9447 |
Actions (login required)
View Item |