PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTU MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS VSD N 5 KANDANGMASDAWE KUDUS

IZZATIN NADHA, NAYLY (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTU MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS VSD N 5 KANDANGMASDAWE KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (916kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model NHT dalam meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran, meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa berbantu media gambar pembelajaran PKn di kelas V SD N 5 Kandangmas Dawe Kudus. Hasil belajar merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. NHT merupakan model pembelajaran variasi dari diskusi kelompok atau penomoran berfikir bersama yang didalamnya terdapat 4 langkah yaitu penomoran, mengajukan pertanyaan, berfikir bersama, menjawab. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model NHT berbantu media gambar. Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswa.. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian akan dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran NHT dan media gambar, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan guru dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD N 5 Kandangmas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan Tes. Hasil yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas ini meliputi keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan persentase siklus I sebesar 74,45% baik dan meningkat pada siklus II menjadi 84,23% sangat baik. Sedangkan hasil belajar (ranah kognitif) diperoleh 60% pada siklus I dengan kualifikasi cukup dan meningkat menjadi 85% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Hasil pengamatan siswa ranah afektif siklus I memperoleh 71,45% dengan kualifikasi baik dan meningkat menjadi 81,66% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Hasil belajar ranah psikomotorik siklus I memperoleh 71,62% dengan kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II yaitu memperoleh 82,12% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model NHT berbantu media gambar album dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi pengambilan keputusan bersama kelas V SDN 5 Kandangmas Dawe Kudus.Adapun saran yang diberikan yaitu siswa dapat lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran serta model pembelajaran NHT berbantu media gambar album dapat dijadikan alternative solusi bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Sucipto, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar PKn, Numbered Heads Together, Media Gambar.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 04 Jan 2019 01:16
Last Modified: 04 Jan 2019 01:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9482

Actions (login required)

View Item View Item