Safitri, Uli (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BEAJAR SISWA PKn MELALUI MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SDN KERANGKULON 2 DEMAK. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Download (880kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (29kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (150kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Talking stick terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Peraturan Perundang-Undangan pada kelas V di SDN Kerangkulon 2 Demak. Model Talking Stick merupakan model pembelajaran kelompok dengan bantuan tongkat.Kelompok memegang tongkat terlebih dahulu wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah mereka mempelajari materi pokok. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan dikelas V di SDN Kerangkulon 2Demak dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini akan berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksaan, tindakan, observasi dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Talking stick, sedangkan variabel terikatnya ialah hasil belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian siklus I pengelolaan pembelajaran guru mencapai persentase ketuntasan 78,87% dengan kriteria “baik” dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 86,20% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil belajar PKn siswa ranah kognitif siklus I persentase ketuntasan 69,80% dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 88,00%. Hasil belajar PKn siswa ranah afektif siklus I persentase ketuntasan 67,50% dengan kriteria “sedang” dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 78,10% dengan kriteria “tinggi”. Hasil belajar PKn siswa ranah psikomotorik siklus I persentase ketuntasan 66,42% dengan kriteria “sedang” dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 77,83% dengan kriteria “baik”. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas V SDN Kerangkulon 2 Demak dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Talking Stickdapat meningkatkan hasil belajar siswa baik ranah kognitif, afektif dan psikomotorik dari siswa SDN Kerangkulon 2 Demak
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Moh. Kanzunnudin,M,Pd., |
Kata Kunci: | Model Talking stick, Hasil Belajar Pkn |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 02 Jan 2019 06:57 |
Last Modified: | 02 Jan 2019 06:57 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9497 |
Actions (login required)
View Item |