Ul Khasanah, Nidaa (2018) Students’ Motivation in Learning English (A Case Study of Eleventh Grade Students at SMK Nu Ma’arif Kudus in Academic Year 2017/2018). Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
COVER.pdf - Accepted Version Download (569kB) | Preview |
PDF (bab 1)
CHAPTER I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
CHAPTER II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
CHAPTER III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
CHAPTER IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
CHAPTER V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
CHAPTER VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
REFERENCES.pdf - Accepted Version Download (243kB) | Preview |
PDF (lampiran)
APPENDICES.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (905kB) | Request a copy |
Abstrak
Motivasi adalah faktor utama untuk mencapai kesuksesan dalam pembelajaran. Seorang murid yang mempunyai motivasi tinggi akan mengerjakan dengan sebaik-baiknya dalam pelajaran meskipun materinya sulit. Sementara itu, seorang murid yang mempunyai motivasi rendah akan mengalami keboosanan dan tidak tertarik dalam pembelajaran meskipun materinya mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk menentukan tipe motivasi yang digunakan oleh siswa SMK; dan (2) untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi motivasi siswa SMK dalam pembelajaran bahasa Inggris. Ini adalah penelitian studi kasus dalam kualitatif. Data dari penelitian ini adalah motivasi murid dalam belajar bahasa Inggris. Sementara itu, sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas Sebelas Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK NU Ma’arif Kudus. Dalam mengumpullkan data, peneliti menggunakan kuesioner dan wawancara. Kuesioner berdasarkan indikator dari motivasi ekstrinsik dan motivasi intrinsic yang mana kuesioner di ambil dari AMTB oleh Gardner. Peneliti menggunakan kuesioner untuk menjawab rumussan masalah nomer satu. Wawancara berdaasarkan indicator dari cirri-ciri murid yang termotivasi menurut Penny Ur. Penulis menggunakan wawancara untuk menjawab rumusan masalah nomer dua. Hasil dari penelitian ini adalah (1) persentasi dari motivasi ekstrinsik lebih tinggi daripada motivasi intrinsik 52% > 48%. Itu berarti bahwa siswa XI TKJ 2 memiliki motivasi ekstrinsik yang tinggi daripada motivasi intrinsik dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dengan kata lain, motivasi untuk belajar bahasa Inggris yang berasal dari luar lebih besar daripada yang berasal dari dalam. (2) faktor yang mempengaruhi siswa SMK dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah orientasi tugas yang positif, keterlibatan ego, membutuhkan prestasi, aspirasi yang tinggi, tujuan orientasi. Dari fakta diatas, peneliti memberi beberapa saran: untuk guru bahasa Inggris seharusnya memikirkan aktifitas sebelum mengaplikasikan kedalam kelas agar murid meningkatkan motivasinya. Untuk murid seharusnya mempunyai motivasi yang tinggi dari dalam dirinya sendiri. Untuk peneliti selanjutnya meneliti dengan penelitian yang sama yang berhubungan dengan motivasi dalam pembelajaran bahasa Inggris khususnya motivasi murid dalam les bahasa Inggris.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Sri Surachmi W, M.Pd |
Kata Kunci: | Motivasi, motivasi ekstrinsik, motivasi intrinsic |
Subjects: | Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 02 Jan 2019 06:30 |
Last Modified: | 02 Jan 2019 06:30 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9524 |
Actions (login required)
View Item |