MASYITHOH FAUZIYAH, NURUL (2018) THE STUDENTS’ ANXIETY INACADEMIC SPEAKING TEST (A Case Study at theFourth Semester ofEnglish Education Department ofUniversitasMuria Kudus in 2017/2018 Academic Year). Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
COVER.pdf - Accepted Version Download (198kB) | Preview |
PDF (bab 1)
CHAPTER I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
CHAPTER II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (299kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
CHAPTER III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
CHAPTER IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
CHAPTER V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
CHAPTER VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
REFERENCES.pdf - Published Version Download (272kB) | Preview |
PDF (lampiran)
APPENDICES.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Kemampuan berbicara merupakan kemampuan yang harus dikuasai siswa dalam belajar bahasa asing. Ini merupakan salah satu cara berkomunikasi untuk menyampaikan ide, pesan, dan makna penting kepada lawan bicara. Faktanya,berkomunikasi dalam bahasa asing merupakan salah satu kemampuan yang sulit dikuasai bagi siswa. Faktor yang mempengaruhi adalah stres, cemas atau gugup, kurangnya kosa kata, kurang tepatnya penyusunan grammar, takut salah, dan kurangnya persiapan. Dalam hal ini, siswa merasa cemas ketika mendapatkan tes speaking. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki faktor kecemasan tes speakingbagi mahasiswa semester empat dan juga untuk menemukan strategi untuk mengatasi kecemasan tes speakingbagi mahasiswa semester empat program studi Pendidikan Bahasa InggrisUniversitas Muria Kudus tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah kualitatif studi kasus. Instrumen dari penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Sumber dari penelitian ini adalah mahasiswa semester empat program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus tahun ajaran 2017/2018. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor yang mempengaruhi kecemasan siswa meliputi,kecemasan berkomunikasi dengan rata-rata persentase 57%, ketakutan terhadap penilaian yang negatif dengan rata-rata persentase 62%, dan kecemasan terhadap tes dengan rata-rata persentase 77%. Hasil dari rata-rata perseantase tersebut menunjukkan bahwa dari faktor kecemasan siswa terdapat lebih dari 50%Dan juga terdapat lima strategi untuk mengatasi kecemasan siswa meliputi, berkomitmen bahwa kamu tidak sendiri dengan rata-rata persentase 93%, mengadapi ketakutan pada diri sendiri dengan rata-rata persentase 80%, melakukan latihan dengan rata-rata persentase 82%, menciptakan keyakinan pada diridengan rata-rata persentase 88%, dan mengantisipasi gejala fisik dengan rata-rata persentase 60%. Hasil dari rata-rata perseantase tersebut menunjukkan bahwa strategi untuk mengatasi kecemasan siswa terdapat lebih dari 50%. Hasil dari penelitian ini, peneliti menyarankan bahwasiswa harus menggunakan waktu sebaik-baiknya agar bisa mempersiapkan materi, mental, dan tidak terlalu berharap pada hasil tes,tetapi percaya bahawa dirinya tidak cemas ketika melakukan tes speaking ataupun ditempat umum. Sementara itu, dosen harus memahami karakteristik mahasiswa agar mereka tidak mudah cemas ketika menghadapi tes lisanbahasa Inggris ataupun berbicara di muka umum.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Suprihadi, M.Pd |
Kata Kunci: | Kecemasan, TesSpeaking. |
Subjects: | Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 02 Jan 2019 06:27 |
Last Modified: | 02 Jan 2019 06:27 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9531 |
Actions (login required)
View Item |