TRI RAHMAN, AFID (2018) IMPROVING THE VOCABULARY MASTERY OF THE FIFTH GRADE STUDENTS OF SD N 01 PEGANJARAN KUDUS IN ACADEMIC YEAR 2017/2018 BY USING STICKY WORD WALL MEDIA. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (HAL JUDUL)
1. Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
PDF (BAB 1)
2. Bab I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 2)
3. Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 3)
4. Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (420kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 4)
5. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 5)
6. Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 6)
7. Bab VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (147kB) | Preview |
PDF (LAMPIRAN)
9. Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Kosa kata adalah salah satu elemen yang tidak dapat dipisahkan dari pembelajaran bahasa inggris. Siswa akan mengalami kesulitan jika mereka kurang menguasai kosa kata. Namun, salah satu masalah siswa dalam belajar bahasa inggris adalah mereka mengalami kesulitan dalam mengingat beberapa kosa kata baru yang diberikan oleh guru. Hal ini juga terjadi pada siswa kelas lima SD N 01 Peganjaran Kudus. Kemampuan siswa dalam menguasai kosa kata masih belum cukup. Setelah menganalisa masalah-masalah tersebut, peneliti mengusulkan untuk menggunakan media yang tepat untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa yaitu Sticky Word Wall. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media sticky word wall dapat meningkatkan penguasaan kosa kata siswa SD N 01 Peganjaran Kudus melalui penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kersajasama dimana guru akan mengajar siswa sedangkan peneliti akan mengamati aktivitas guru dan murid di dalam kelas. Langkah-langkah dalam melakukan penelitian ini adalah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini memiliki dua siklus dan tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 01 Peganjaran Kudus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas lima sebanyak 17 siswa. Selain itu, untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan dua jenis instrument yaitu lembar observasi dan tes pencapaian. Hasilnya, penguasaan kosa kata siswa meningkat dari siklus pertama hingga siklus kedua. Dalam Pra siklus, nilai rata-rata siswa sebanyak 60, pada siklus pertama nilai rata-rata siswa sebanyak 64.7 dan dalam siklus kedua nilai rata-rata siswa sebanyak 72. Jadi, peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan media sticky word wall dapat meningkatkan penguasaan kosa kata siswa kelas lima SD N 01 Peganjaran Kudus pada tahun ajaran 2017/2018. Pada akhirnya, peneliti dapat memberikan beberapa saran. Pertama, guru dapat menggunakan sticky word wall sebagai media alternatif dalam mengajar bahasa inggris untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa. Kedua, peneliti yang lain dapat menggunakan media ini sebagai referensi untuk membuat penelitian baru dengan topik yang sama.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dra. Sri Endang Kusmaryati, M.Pd |
Kata Kunci: | Penguasaan Kosakata, Sticky Word Wall, dan Penelitian Tindakan Kelas. |
Subjects: | Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 02 Jan 2019 06:16 |
Last Modified: | 02 Jan 2019 06:16 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9548 |
Actions (login required)
View Item |