AN ANALYSIS OF GRAMMATICAL ERRORS IN WRITING RECOUNT TEXT OF THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 1 SALE IN ACADEMIC YEAR 2017/2018

YULI KHASANATUR ROHMAH, AFIN (2018) AN ANALYSIS OF GRAMMATICAL ERRORS IN WRITING RECOUNT TEXT OF THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 1 SALE IN ACADEMIC YEAR 2017/2018. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
HAL DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
REFERENCES.pdf - Accepted Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Kesalahan dalam pengajaran bahasa asing terutama bahasa Inggris adalah kasus yang sulit dihindari oleh para siswa. Berdasarkan penjelasan di atas, peneliti tertarik untuk menganalisis teks recount siswa terutama dalam kesalahan tata bahasanya. Jadi, peneliti melakukan penelitian dengan judul “Menganalisis Kesalahan Siswa dalam Menulis Teks Recount di Kelas Sepuluh SMA Negeri 1 Sale pada Tahun Pelajaran 2017/2018”. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kesalahan tata bahasa dalam menulis teks recount yang dibuat oleh siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Sale pada tahu pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui penyebab kesalahan tata bahasa dalam menulis teks recount yang dibuat oleh siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Sale pada tahun pelajaran 2017/2018. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 14 siswa dari 22 siswa kelas sepuluh IPA 2. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian ini adalah dokumen, yaitu teks recount dari siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Sale. Setelah peneliti melakukan penelitian di SMA Negeri1 Sale, peneliti mendapatkan hasil peresentase dari jenis kesalahan tata bahasa dalam menulis teks recount yang dibuat oleh siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Sale pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis – jenis kesalahannya adalah sebagai berikut: 28 atau 43,75% kesalahan dalam pengurangan kata, 12 atau 18,75% kesalahan dalam penambahan kata, 19 atau 29,69% kesalahan dalam pemilihan kata yang tepat, dan 5 atau 7,81% kesalahan dalam menyusun kalimat yang sesuai. Peneliti menyimpulkan bahwa persentase tertinggi dari kesalahan yang dibuat oleh siswa adalah kesalahan dalam pengurangan kata, yaitu 43,75%. Kesalahan tersebut dibuat oleh siswa karena mereka menghilangkan beberapa kata dalam teks recount yang mereka buat. Dan persentase terendah dari kesalahan yang dibuat oleh siswa adalah penyusunan kalimat yang tidak sesuai, yaitu 7,81%. Siswa membuat kesalahan tersebut karena kalimat yang mereka buat tidak sesuai dengan urutan penulisannya. Sementara itu, penyebab kesalahan tata bahasa yang dibuat oleh siswa dalam menulis teks recount adalah sebagai berikut: 13 atau 14,78% siwa berlebihan dalam memakai suatu aturan dalam membuat kalimat (overgeneralization), 1 atau 1,14% siswa berlebihan dalam memahami struktur kalimat (ignorance of rulerestriction), 37 atau 42,05% penerapan aturan bahasa yang dibuat siswa tidak lengkap (incomplete application), dan 37 atau 42,05% pemahaman keliru yang dilakukan oleh siswa tentanf perbedaan bahasa target (false concept hypothesized). Dari hasil di atas, peneliti memberikan beberapa saran: (1) Untuk guru, mereka harus lebih memberikan latihan kepada siswa terutama latihan untuk menulis teks recount. (2) Untuk para siswa, mereka harus belajar lebih giat lagi dan jangan mengabaikan guru ketika memberikan materi. (3) Untuk pembaca, penelitian ini dapat menjadi referensi untuk penelitian anda selanjutnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Muh. Syafei, M.Pd
Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Menulis Teks Recount
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 02 Jan 2019 06:14
Last Modified: 02 Jan 2019 06:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9557

Actions (login required)

View Item View Item