RAHAYU, PUJI (2018) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2014). Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (450kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (128kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (385kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan dan corporate social responsibility terhadap agresivitas pajak suatu perusahaan. Karakteristik perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ukuran perusahaan, laverage, profitabilitas, market to book ratio, inventory intensity, dan kepemilikan mayoritas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan diperoleh 35 sampel perusahaan yang dijadikan sebagai kriteria selama tahun 2010-2014. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan teknik analisis persamaan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, laverage, inventory intensity dan corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap agresivitas pajak, artinya besar kecilnya ukuran dan kewajiban suatu perusahaan dan semakin tinggi tingkat corporate social responsibility akan mempengaruhi tingkat agresivitas pajak di setiap perusahaan. Laverage dalam hal ini memanfaatkan utang untuk meminimalkan beban pajak perusahaan bahakn cenderung mengarah agresif terhadap pajak perusahaan. Sedangkan profitabilitas, market to book ratio dan kepemilikan mayoritas tidak memiliki pengaruh terhadap agresivitas pajak, artinya perusahaan lebih memilih meningkatkan laba daripada memenuhi beban pajak dan ketika pertumbuhan saham perusahaan menurun maka investor akan enggan berinvestasi pada perusahaan tersebut.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Nafi’ Inayati Zahro, SE, M.Si, |
Kata Kunci: | : Karakteristik Perusahaan, Corporate Social Responsibility, Agresivitas Pajak, Effective Tax Rate. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 02 Jan 2019 01:24 |
Last Modified: | 02 Jan 2019 01:24 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9681 |
Actions (login required)
View Item |