PENGARUH EFISIENSI PENGGUNAAN MODAL KERJA DAN AKTIVA TETAP TERHADAP RENTABILITAS PADA SEKTOR PERTAMBANGAN MINYAK DAN GAS BUMI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE TAHUN 2013-2017

ENDRININGTIAS, - (2019) PENGARUH EFISIENSI PENGGUNAAN MODAL KERJA DAN AKTIVA TETAP TERHADAP RENTABILITAS PADA SEKTOR PERTAMBANGAN MINYAK DAN GAS BUMI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE TAHUN 2013-2017. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (617kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (375kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (447kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (342kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (515kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (230kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (250kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (184kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Setiap perusahaan memerlukan modal kerja untuk keperluan operasi sehari-hari. Laba bersih merupakan gambaran dari keberhasilan perusahaan dalam mengelola modal kerja sehingga pengelolaan modal kerja yang efisien sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk dapat mempermudah dalam pencapaian laba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel perputaran piutang, perputaran persediaan, perputaran modal kerja dan perputaran aktiva tetap secara persial dan simultan terhadap Rentabilitas (ROI) pada sektor pertambangan minyak dan gas bumi yang Terdaftar di BEI periode tahun 2013-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdapat pada sektor pertambangan minyak dan gas bumi yang terdaftar di (BEI). Teknik dalam pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposve sampling, sehingga sampel yang di gunakan sebanyak 5 sampel dari 7 perusahaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara persial perputaran piutang, perputaran persediaan dan perputaran modal kerja tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Rentabilitas (ROI). Secara persial perputaran aktiva tetap memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Rentabilitas (ROI). Sedangkan secara simultan perputaran piutang, perputaran persediaan, perputaran modal kerja dan perputaran aktiva tetap terhadap Rentabilitas (ROI) pada sektor pertambangan minyak dan gas bumi yang terdaftar di BEI periode tahun 2013-2017 memiliki pengaruh yang signifikan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs.H.M.Masruri,MM NIDN : 0601085601 Pembimbing 2 : Noor Azis, SE.MM NIDN : 0609107501
Uncontrolled Keywords: perputaran piutang, perputaran perediaan, perputaran modal kerja, perputaran aktiva tetap dan rentabilitas (ROI )
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan > Manajemen keuangan. Keuangan bisnis. Keuangan perusahaan
Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Manajemen. Manajemen industri
Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 23 Jul 2019 02:02
Last Modified: 23 Jul 2019 02:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/10633

Actions (login required)

View Item View Item