Penerapan model pembelajaran kooperatif scramble dengan berbantuan media kado untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema jenis-jenis pekerjaan kelas iv sd negeri angkatan lor 03 pati

SAFITRI, WINDA NUR (2019) Penerapan model pembelajaran kooperatif scramble dengan berbantuan media kado untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema jenis-jenis pekerjaan kelas iv sd negeri angkatan lor 03 pati. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (671kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (300kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (317kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (440kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (259kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (139kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (210kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam subtema Jenis-Jenis Pekerjaan melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Scramble dengan berbantuan media Kardo pada siswa Kelas IV SDN Angkatan Lor 03 Pati. Hasil belajar merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek sikap spritual (KI-1), aspek sikap sosial (KI-2), aspek pengetahuan (KI-3), dan aspek keterampilan (KI-4) sebagai hasil dari kegiatan belajar. Aspek sikap spritual (KI-1), aspek sikap sosial (KI-2), dan aspek keterampilan (KI-4) diukur dengan pengamatan belajar siswa. Model Kooperatif Scramble merupakan suatu model pembelajaran yang mengajak siswa untuk menemukan jawaban dan menyelesaikan permasalahan yang ada dengan cara membagikan lember soal dan lembar jawaban yang disertai dengan alternatif jawaban yang tersedia. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif Scramble dengan berbantuan media Kardo dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam subtema Jenis-Jenis Pekerjaan pada siswa Kelas IV SDN Angkatan Lor 03 Pati. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN Angakatan Lor 03 Pati dengan subjek penelitian 26 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Kooperatif Scramble dengan berbantuan media Kardo. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar subtema jenis-jenis pekerjaan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I hasil belajar aspek sikap spritual dapat dilihat dari observasi hasil belajar aspek sikap spritual siswa yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 74 dengan kualifikasi baik dan siklus II mengalami peningkatan memperoleh rata-rata 88,00 dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar aspek sikap sosial pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 75,23 dengan kualifikasi baik dan pada siklus II mengalami peningkatan memperoleh rata-rata 91,15 dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar aspek pengetahuan pada siklus I hasil belajar aspek pengetahuan siswa menunjukkan nilai rata-rata kelas muatan IPS sebesar 70,57 dengan ketuntasan klasikal sebesar 61,53% pada kualifikasi baik, pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 90 dengan ketuntasan klasikal sebesar 96,15% pada kualifikasi sangat baik. Pada siklus I nilai rata-rata kelas muatan PPKn sebesar 73,45 dengan ketuntasan klasikal sebesar 65% pada kualifikasi baik, pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 88,46 dengan ketuntasan klasikal sebesar 96,15% pada kualifikasi sangat baik. Pada siklus I nilai rata-rata kelas kedua muatan sebesar 70 dengan ketuntasan klasikal sebesar 53,84% pada kualifikasi baik, pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 89,23 dengan ketuntasan klasikal sebesar 96,15% pada kualifikasi sangat baik.Keterampilan guru siklus I sebesar 80 (baik) dan meningkat pada siklus II sebesar 92 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif scramble berbantuan media kardo dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran serta menemukan peningkatan hasil belajar siswa subtema jenis-jenis pekerjaan di kelas IV SD N Angkatan lor 03 Pati. Adapun saran yang diberikan yaitu sebaiknya guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif scramble berbantuan media kardo sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Masturi, M.M NIDN : 0614055701 Pembimbing 2 : Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd. NIDN : 0619128801
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Scramble berbantuan Media Kardo, Hasil Belajar Subtema Jenis-Jenis Pekerjaan Muatan PPKn dan IPS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 20 Aug 2019 03:21
Last Modified: 20 Aug 2019 03:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11185

Actions (login required)

View Item View Item