Peningkatan hasil belajar tema 6 cita-citaku dengan model teams games tournament berbantuan media histopoly pada peserta didik sdn 2 bae kudus

Listiawati, Ani (2019) Peningkatan hasil belajar tema 6 cita-citaku dengan model teams games tournament berbantuan media histopoly pada peserta didik sdn 2 bae kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (493kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (209kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (314kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (472kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (246kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (178kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (124kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: Mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar tema 6 Cita-Citaku dengan model Teams Games Tournament berbantuan media Histopoly pada peserta didik kelas IV SDN 2 Bae Kudus. Peningkatan hasil belajar merupakan kemampuan atau nilai yang diperoleh peserta didik setelah melalui kegiatan belajar dalam kurun waktu yang telah ditetapkan. Teams Games Tournament adalah pembelajaran yang mengandung unsur permainan dan melibatkan seluruh peserta didik dalam proses pembelajaran untuk membantu menguasai materi pelajaran. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah keterampilan mengajar guru dan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Histopoly pada peserta didik kelas IV SDN 2 Bae. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada peserta didik kelas IV SDN 2 Bae Kudus selama dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Histopoly kelas IV SDN 2 Bae dapat meningkatkan : (1) Keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh 74% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan 84%. (2) Hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan pada ranah pengetahuan siklus I muatan IPS mencapai 68,75% dan muatan Bahasa Indonesia mencapai 68,75% meningkat pada siklus II muatan IPS sebesar 87,50% dan muatan Bahasa Indonesia sebesar 81,75%. (3) Hasil belajar peserta didik ranah keterampilan pada siklus I muatan IPS memperoleh 68,75% dan meningkat pada siklus II sebesar 93,75%, sedangkan muatan Bahasa Indonesia pada siklus I memperoleh 62,5% dan meningkat pada siklus II sebesar 87,5%. Dapat disimpulkan bahwa model Teams Games Tournament berbantuan media Histopoly dalam tema Cita-Citaku dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar peserta didik. Saran, sekolah diharapkan memberikan sarana, prasarana dan pelatihan kepada guru dalam menguasai model dan media pembelajaran yang mendukung proses belajar mengajar

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ika Oktavianti, S.Pd, M.Pd NIDN : 0631108401 Pembimbing 2 : Irfai Fathurohman, S.Pd, M.Pd. NIDN : 0718098502
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Tematik Tema Cita-Citaku, Teams Games Tournament (TGT), Histopoly
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 20 Aug 2019 03:56
Last Modified: 20 Aug 2019 03:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11200

Actions (login required)

View Item View Item