Meningkatkanpenyesuaian diri terhadap teman sebaya melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas xi ips 4 sma negeri 1 nalumsari jepara

ANINDYA, ANGGI (2019) Meningkatkanpenyesuaian diri terhadap teman sebaya melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas xi ips 4 sma negeri 1 nalumsari jepara. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (304kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (133kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (190kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (421kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (694kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (39kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (106kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penyesuaian diri terhadap teman sebaya adalah suatu proses yang dinamis yang bertujuan untuk mengubah perilaku individu agar terjadi hubungan yang lebih sesuai antara individu dengan teman sebaya (peer group). Untuk mewujudkan penyesuaian diri terhadap teman sebaya yang baik peneliti berupaya untuk meningkatkan penyesuaian diri terhadap teman sebaya melalui bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Bimbingan kelompok merupakan layanan bimbingan yang diberikan kepada peserta didik melalui kelompok-kelompok kecil antara 5 sampai 12 peserta didik yang berguna menunjang kehidupannya sehari-hari untuk pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Teknik sosiodrama merupakan suatu cara memecahkan masalah-masalah sosial yang timbul dalam hubungan antar manusia melalui permainan peran. Hipotesis dalam penelitian ini adalah melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan penyesuaian diri terhadap teman sebaya pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Nalumsari Jepara. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan penyesuaian diri terhadap teman sebaya pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Nalumsari Jepara, 2. Memperoleh data dan hasil peningkatan penyesuaian diri terhadap teman sebaya melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Nalumsari Jepara.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI IPS 4, sebanyak 8 siswa yang mempunyai penyesuaian diri terhadap teman sebaya yang rendah. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II). Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap satu pertemuan membahas satu materi dengan alokasi waktu 45 menit. Hasil penelitian pra siklus dalam meningkatkan penyesuaian diri terhadap teman sebaya siswa diperoleh persentase 52,1% masuk dalam kategori kurang. Steelah diberikan layanan bimbingan kelompok siklus I diperoleh hasil 62,7% masuk dalam kategori kurang dan mengalami peningkatan 10,6% dari pra siklus. Siklus II memperoleh hasil persentase 80,9% masuk dalam kategori baik dan mengalami peningkatan 18,2%. Berdasarkan hasil siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan penyesuaian diri terhadap teman sebaya pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Simpulan hasil penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri terhadap teman sebaya pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Disarankan kepada: 1. Kepada Siswa, untuk terus dapat meningkatkan penyesuaian diri terhadap teman sebaya terutama di lingkungan sekolah. 2. Kepada Guru BK, dapat melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama lanjutan untuk membantu siswa dalam meningkatkan penyesuaian diri terhadap teman sebaya. 3. Kepada Peneliti, diharapkan meningkatkan kemampuan dalam mengaplikasikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah secara professional. 4. Kepada Kepada Sekolah, diharapkan dapat memberikan sarana dan prasarana terhadap konselor sekolah agar dapat melaksanakan kegiatan layanan bimbingan dan konseling dalam membantu berbagai permasalahan yang dihadapi oleh siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Sucipto, M.Pd., Kons Pembimbing 2 : Richma Hidayati, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian Diri Terhadap Teman Sebaya, Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Aug 2019 03:03
Last Modified: 27 Aug 2019 03:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11322

Actions (login required)

View Item View Item