ULFAH, MARIA (2019) Peningkatan sopan santun siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada siswa kelas xi sman 1 mejobo. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (648kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (257kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (396kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (662kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (328kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan sopan santun pada siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Mejobo, 2. Memperoleh peningkatan sopan santun siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Mejobo melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Sopan santun dalam penelitian ini adalah sikap siswa yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai dan norma yang berlaku di sekolah. Dengan tidak melanggar peraturan yang ada di sekolah, menghormati semua warga sekolah, mendengarkan ketika guru sedang mengajar, bertutur kata yang baik ketika sedang berbicara, selalu meminta izin ketika hendak meninggalkan kelas dan tidak bersikap seenaknya sendiri. Untuk meningkatkan sopan santun siswa peneliti menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI IPS 2, sebanyak 10 orang siswa yang mempunyai sopan santun yang rendah dan tinggi. Analisis data yang digunakan adalah teknik mixed method dengan menggabungkan analisis data kuantitatif dengan diperkuat dengan data kualitatif agar diperoleh simpulan penelitian yang lebih kuat. Hasil penelitian pra siklus peningkatan sopan santun siswa menunjukkan kategori sangat kurang dengan skor rata-rata 19,6(39%). Siklus I peningkatan sopan santun siswa mengalami peningkatan dalam kategori cukup dengan rata-rata skor 33,2(66%) yang mengalami peningkatan skor rata-rata 13,6 dari skor rata-rata pra siklus. Pada siklus II peningkatan sopan santun siswa dalam kategori sangat baik dengan skor rata-rata 42(84%) yang berarti ada peningkatan skor rata-rata 8,8 dari siklus I. Peningkatan aktivitas siswa dalam layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing mengalami peningkatan. Pada siklus I mendapatkan skor 70% dalam kategori baik dan pada siklus II dengan skor 95% dalam kategori sangat baik. Peningkatan aktivitas peneliti dalam layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing mengalami peningkatan. Pada siklus I dengan skor 70% dalam kategori cukup dan pada siklus II dengan skor 92 % dalam kategori sangat baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan sopan santun pada siswa dari Pra Siklus dengan skor rata-rata 19,6 kategori kurang. Siklus I dengan skor rata-rata 33,2 dalam kategori cukup. Siklus II dengan skor rata-rata 42 dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian aktivitas siswa pada siklus I skor 70(B) dan pada siklus II skor 95(SB). Hasil penelitian aktivitas peneliti pada siklus I dengan skor 70(B) dan pada siklus II dengan skor 92(SB). Dengan demikian layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif untuk meningkatkan sopan santun siswa. Disarankan kepada: 1. Kepada kepala sekolah, dapat memberikan fasilitas dan sarana prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan kegiatan layanan bimbingan kelompok agar peningkatan sopan santun siswa lebih baik. 2. Kepada guru bimbingan konseling, agar memberikan layanan bimbingan kelompok yang berkaitan dengan kesopanan siswa agar siswa lebih bisa menghargai dan menghormati orang lain. 3. Kepada siswa, agar mampu meningkatkan sopan santunnya dan bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. 4. Bagi peneliti selanjutnya, agar dapat menggunakan penelitian ini sebaai tambahan referensi dan pengetahuuanterutamaa yang beraitan dengan sopan santun pada siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Drs. Masturi, MM Pembimbing 2 : Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons |
Kata Kunci: | Sopan Santun Siswa, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Aug 2019 03:26 |
Last Modified: | 27 Aug 2019 03:26 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11331 |
Actions (login required)
View Item |