Pengembangan game puzzle edukasi berbasis kearifan lokal bermedia flash untuk penanaman karakter pada anak sd

WIDYATMOKO, HERWIN (2019) Pengembangan game puzzle edukasi berbasis kearifan lokal bermedia flash untuk penanaman karakter pada anak sd. Tesis Magister thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (574kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (239kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (323kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (462kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (623kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (229kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (112kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (311kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Game Puzzle bermedia Flash pada tema 4 Kewajiban dan Hakku untuk siswa SD kelas III, dan mendeskripsikan hasil uji efektivitas Game Puzzle bermedia Flash pada tema 4 Kewajiban dan Hakku untuk siswa SD kelas III. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Penelitian ini terdiri dari tujuh langkah, yaitu: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk, 7) revisi produk. Data pada penelitian ini adalah data tentang kebutuhan media game puzzle edukasi, prototipe dari media game puzzle edukasi dan efektivitas dari media game puzzle edukasi. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru kelas III SD N Pulorejo 01, SD N Winong 01, SD N Kebolampang sebagai SD kelompok eksperimen dan SD N Sumbermulyo 01, SD N Kropak 02, SD N Godo 03 sebagai SD kelompok kontrol di Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Hasil prototipe media game puzzle adalah seperangkat media yang berisi game puzzle menggunakan aplikasi flash, game puzzle manual, dan buku petunjuk game puzzle. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa media game puzzle efektif, yang ditunjukkan dengan hasil uji t. Hasil dari uji t pada kelompok eksperimen dan kontrol yaitu 9,052. Data dari uji t menunjukkan bahwa t hitung > t tabel, yaitu 9,052 > 1,657 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji t tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media game puzzle di kelas III efektif dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran

Tipe dokumen: Skripsi (Tesis Magister)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Murtono, M. Pd NIDN : 0007126601 Pembimbing 2 : Dr. Suad, M.Pd NIDN : 0601085902
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Game Puzzle Edukasi, Flash
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 31 Aug 2019 03:25
Last Modified: 31 Aug 2019 03:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11373

Actions (login required)

View Item View Item