Efektivitas model pembelajaran team game tournament (tgt) dengan media video terhadap hasil belajar ppkn siswa kelas iv sd kabupaten kudus

KhoirilBasyar, Muhammad (2018) Efektivitas model pembelajaran team game tournament (tgt) dengan media video terhadap hasil belajar ppkn siswa kelas iv sd kabupaten kudus. Tesis Magister thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (204kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (113kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (309kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (234kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (360kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (206kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (51kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (178kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektifitas penerapan model pembelajaran Team Game Tournament(TGT) dengan media video terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PPKn materi Globalisai serta menganalisis perbedaan antara pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) media video dengan pembelajaran yang menerapkan model konvensional terhadap hasil belajar PPKn materi globalisasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-experimental dengan bentuk nonequalivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang menerapkan kurikulum 2013 lebih dari 2 tahun di Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2018/2019 yaitu sebanyak 9 SD di Kecamatan Jekulo. Pemilihan sampling dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Metode analasis data menggunakan gains skor dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keefektifan model Team Game Tournament (TGT) didasarkan uji-t yaitu diketahui bahwa nilai thitung 2,185 lebih besar dibandingkan nilai ttabel 2,0030. (2) Keefektifan media video didasarkan uji-t yaitu diketahui bahwa nilai thitung 6,019 lebih besar dibandingkan nilai ttabel 2,0030. (3) Keefektifan model Team Game Tournament (TGT) dengan media video didasarkan uji-t yaitu diketahui bahwa nilai thitung 7,608 lebih besar dibandingkan nilai ttabel 2,0030. Simpulan penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) lebih efektif digunakan terhadap hasil belajar PPKn materi Globalisasi siswa kelas IV SD Kabupaten Kudus dari pada model pembelajaran konvensional. (2) Media video lebih efektif digunakan terhadap hasil belajar PPKn materi Globalisasi siswa kelas IV SD Kabupaten Kudus dari pada model pembelajaran konvensional. (3) Model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dengan media video lebih efektif digunakan terhadap hasil belajar PPKn materi Globalisasi siswa kelas IV SD Kabupaten Kudus dari pada model pembelajaran konvensional

Tipe dokumen: Skripsi (Tesis Magister)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Slamet Utomo, M.Pd NIDN : 0019126201 Pembimbing 2 : Dr. Murtono,M.Pd NIDN : 0007126601
Uncontrolled Keywords: Team Game Tournament, Media Video, Hasil Belajar PPKn
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 31 Aug 2019 03:43
Last Modified: 31 Aug 2019 03:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11376

Actions (login required)

View Item View Item