Penerapan model mind mapping berbantuan media pohon ajaib untuk meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa tema 6 cita-citaku kelas iv sekolah dasar

SHOLEKHAH, KHILYATUS (2019) Penerapan model mind mapping berbantuan media pohon ajaib untuk meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa tema 6 cita-citaku kelas iv sekolah dasar. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (497kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (872kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (601kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (466kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (490kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Mind Mapping berbantuan media pohon ajaib dalam meningkatkan motivasi belajar, berpikir kritis siswa dan keterampilan guru Tema 6 Cita-citaku Kelas IV Sekolah Dasar. Motivasi belajar merupakan dorongan dari faktor instrinsik dan faktor ekstrinsik pada siswa yang sedang melakukan belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku, umumnya dengan indikator atau unsur yang mendukung. Berpikir kritis merupakan suatu berpikir yang memiliki tujuan untuk membuat keputusan masuk akal tentang apa yang diyakini atau dilakukan. Mind Mapping merupakan model pembelajaran yang menggali gagasan atau ide atau pikiran siswa melalui suatu pola yang saling berkaitan. Pohon Ajaib merupakan media visual yang dapat dilihat dengan kasat mata. Hipotesis tindakan dalam penilitian ini adalah model Mind Mapping berbantuan media pohon ajaib dapat meningkatkan motivasi belajar, berpikr kritis siswa dan keterampilan guru Tema 6 Cita-citaku kelas IV Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri Gidangelo 01 yang berjumlah 29 siswa. Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel terikat penelitian ini adalah berpikir kritis, motivasi belajar siswa dan keterampilan guru. Variabel bebas penelitian ini adalah model Mind Mapping berbantuan media pohon ajaib. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini terdiri atas analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada motivasi belajar siswa dengan menggunakan hasil observasi siklus I dengan rata-rata 65 dengan kriteria perlu bimbingan, mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 79 dengan kriteria baik, selain itu motivasi belajar juga di lihat dari lembar angket dengan hasil 88 dengan kriteria baik. Berpikir kritis siswa pada siklus I mencapai rata-rata 65 dengan kriteria perlu bimbingan, mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 77 dengan kriteria cukup. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan siklus I mencapai 88 dengan kriteria baik dan pada siklus II mencapai rata-rata 97 denga kriteria sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Mind Mapping berbantuan media pohon ajaib dapat meningkatkan motivasi belajar, berpikir kritis siswa dan keterampilan guru Tema 6 Cita-citaku kelas IV Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SD Negeri Gidangelo 01 dapat disimpulkan bahwa penerapan model Mind Mapping berbantuan media pohon ajaib dapat meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa Tema 6 Cita-citakukelas IV Sekolah Dasar. Saran pada penelitian ini, guru hendaknya dapat menggunakan model yang sesuai dengan materi pembelajaran serta karateristik siswa sehingga dapat menumbukan motivasibelajar dan berpikir kritis siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Mila Roysa, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 : Siti Masfuah, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Berpikir Kritis, Mind Mapping, Pohon Ajaib.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 02 Sep 2019 02:04
Last Modified: 02 Sep 2019 02:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11397

Actions (login required)

View Item View Item