Peningkatan kualitas pembelajaran melalui model mind mapping berbantuan media komik bergambar pada siswa kelas iv tema 7 indahnya keragaman di negeriku di sd 1 bakalan krapyak kudus

ROSIDA, AFTINA (2019) Peningkatan kualitas pembelajaran melalui model mind mapping berbantuan media komik bergambar pada siswa kelas iv tema 7 indahnya keragaman di negeriku di sd 1 bakalan krapyak kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (778kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (164kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (209kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (397kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (39kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (161kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Mind Mapping dan menemukan peningkatan kualitas pembelajaran siswa pada tema 7 berfokus pada muatan PPKn dan IPS kelas IV SD 1 Bakalan Krapyak. Kualitas pembelajaran adalah ketertarikan sistematik dan sinergis atara guru, siswa, kurikulum dan bahan belajar, media, fasilitas dan sistim pembelajaran dalam menghasilkan proses dan hasil belajar yang optimal. Mind mapping merupakan model yang menggunakan teknik keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan perasaan garis lainnya untuk membentuk kesan. Hipotesis tindakan dalam penelitin ini adalah penggunaan model pembelajaran Mind Mapping yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa Tema 7 Subtema 1 dan 2 berbantuan media komik bergambar SD 1 Bakalan Krapyak. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 1 Bakalan Krapyak Kudus dengan subyek penelitian 21 siswa. Pnelitian ini berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model Mind Mapping. Sedangkan variabel terkat adalah kualitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai kualitas pembelajaran pada siswa terkhusus muatan IPS dan PPKn di lihat dari hasil pengamatan perilaku guru siklus I (75%) dan siklus II (84,16%) di dukung dengan peningkatan penggunaan media komik bergambar dengan model mind mapping pada siswa siklus I (73,2%) dan siklus II (95,6%). Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model mind mapping dapat meningkatkan kualistas pembelajaran siswa pada materi Keragaman Budaya di Indonesia kelas IV SD 1 Bakalan Krapyak Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Bakalan Krapyak dapat disimpulkan bahwa penggunaan model mind mapping dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa pada materi Keragaman Budaya di Indonesia kelas IV SD 1 Bakalan Krapyak Kudus. Untuk disarakan dalam penerapan model mind mapping, guru harus memberi pertanyaan yang mengarah pada konsep agar siswa dapat mengembagkan pikirannya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd NIDN: 0619128801 Pembimbing 2 : Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd NIDN : 0623119001
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran,Mind Mapping, Media Komik Bergambar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 02 Sep 2019 03:15
Last Modified: 02 Sep 2019 03:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11432

Actions (login required)

View Item View Item