Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model numbered head together (nht) berbatuan media poster tema 9 benda-benda di sekitar kita kelas v sd 01 undaan tengah

FITRIANTO, MUKHLAS (2019) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model numbered head together (nht) berbatuan media poster tema 9 benda-benda di sekitar kita kelas v sd 01 undaan tengah. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu lemahnya proses pembelajaran. Oleh sebab itu penelitain ini bertujuan untk menerapkan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media poster tema 9 benda-benda disekitar kita pada muatan mata pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia kelas V SD 01 Undaan Tengah. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar karena belajar merupakan suatu proses dari seseorang yang berusaha untuk memperoleh suatu bentuk perubahan perilaku relatif menetap. Hasil belajar terbagi dalam ranah sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Pada pembelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia menggunakan indikator pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi. Numbered Head Together (NHT) adalah pembelajaran rangkaian kegiatan yang mengacu pada kelompok belajar siswa, model ini memberikan kesempatan pada siswa untuk berbagai gagasan dan meningkatkan kerjasama siswa. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas dengan menggunakan rancangan model Kemmis dan Taggrat. Penelitian ini terdiri dari siklus I dan II yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini yakni siswa kelas V SD 01 Undaan Tengah yang berjumlah 19 siswa terdiri dari 10 siswa putra dan 9 siswa putri. Fokus peneltian ini adalah peningkatan ketrampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan data yakni hasil pengetahuan siswa siklus I muatan PPKn dan Bahasa indoensia siswa tuntas 68% dengan kategori baik, aktivitas siswa yakni 60% dengan kategori baik, aspek afektif memperoleh 55% dengan kategori baik, ketrampilan guru 64% dengan kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan yakni hasil belajar siswa 85% dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa memperoleh77% dengan kategori baik, afektif siswa 77% dengan kategori sangat baik dan kerampilan mengajar guru 80% dengan kategori sangat baik. Hasil data tersebut dapat disimpulkan bahawa model Numbered Head Toether (NHT) berbantuan media poster dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan ketrampilan guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Aktivitas; Hasil Belajar; Media Poster; Numberead Head Together (NHT)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:53
Last Modified: 16 Sep 2020 02:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12647

Actions (login required)

View Item View Item