Penerapan model pembelajaran pair checksberbantuan media papan balik untuk meningkatkan hasil Belajar siswa kelas iii di sd 1 gulang

HARDIYANTI, RIZKA KUSUMA (2019) Penerapan model pembelajaran pair checksberbantuan media papan balik untuk meningkatkan hasil Belajar siswa kelas iii di sd 1 gulang. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (909kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Pembelajaran disampaikan kurang menarik.Penelitian bertujuan mendiskripsikan peningkatan pengetahuan dan peningkatan aktivitas siswa kelas III SD 1 Gulang melalui pembelajaran model Pair Checks berbantuan media papan balik muatan PPKn dan Matematika.Hasil belajar mencakup aspek pengetahuan, aspek aktivitas, dan kerjasama siswa. Hipotesis penelitian ini antara lain (1)terdapat peningkatan pengetahuan siswa kelas III SD 1 Gulang melalui menggunakan pembelajaran model Pair Checks berbantuan media papan balik muatan PPKn dan matematika, (2) terdapat peningkatan aktivitas siswa melalui model Pair Checks berbantuan media papan balik pada muatan PPKn dan Matematika, dan (3) terdapat kerjasama pada pembelajaran Pair Checks siswa kelas III di SD 1 Gulang. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas III SD 1 Gulang Kudus dengan subjek 32 siswa. Penelitian berlangsung dua siklus, setiap satu siklus terdiri dari 2 pertemuan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada penelitian ini menjadi variabel bebas adalah model pembelajaran Pair Checks, Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa yang meliputi pengetahuan, aktivitas dan kerjasama siswa kelas III SD 1 Gulang Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Analisis data digunakan merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar ranah kognitif prasiklus yaitu 53% kemudian setelah dilakukan tindakan siklus I muatan PPKn yaitu 91% (sangat baik) untuk matematika 91% (sangat baik) dan meningkat pada siklus II muatan PPKn yaitu 93% (sangat baik) untuk matematika 97%(sangat baik). Persentase aktivitas siswa siklus I muatan PPKn yaitu 78% (cukup) pada muatan matematika 71% (cukup) yaitu dan meningkat pada siklus II pada muatan PPKn yaitu 91% (sangat baik) pada muatan matematika 90%. Hasil Penelitian menunjukkan Persentase kerjasama muatan PPKn pada siklus I 75% (cukup) pada muatan matematika 78% (cukup) pada siklus II muatan PPKn meningkat menjadi 96% (sangat baik) pada muatan matematika siklus II meningkat menjadi 93% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dilakukan pada kelas III SD 1 Gulang disimpulkan bahwa model Pair Checks berbantuan media Papan Balik dapat meningkatkan kerjasama siswa, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Santoso, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil belajar, Model Pair Checks, Media Papan Balik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 Sep 2020 02:26
Last Modified: 17 Sep 2020 02:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12658

Actions (login required)

View Item View Item