Penerapan model pair check berbantuan media puzzle rainbow untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas iv

ULYA, RIFATUL (2019) Penerapan model pair check berbantuan media puzzle rainbow untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas iv. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (702kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRACT.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (473kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa, keterampilan guru mengajar, dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, oleh karena itu perlu adanya suatu penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas siswa melalui penerapan model Pair Check berbantuan media Puzzle Rainbow.Model Pair Check adalah model pembelajaran yang memberi kesempatan kepada siswa untuk membangun pengetahuan mereka sendiri secara aktif, sedangkanmedia puzzle rainbow akan menjadikan siswa lebih aktif dan kreatif dalam melakukan aktivitas belajar. Selain itu, media puzzle rainbowjuga memudahkan siswa dalam memperoleh pengetahuan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana dalam tiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Setiap siklus terdapat empat aspek pokok yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD 3 Bae Kudus, dengan subjek penelitian yang terdiri dari peneliti sendiri sebagai guru dan 20 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik non tes terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen tes divalidasi dengan menggunakan expert judgment kemudian diuji validitasnya menggunakan product momentyang selanjutnya diuji reliabititasnya menggunakan rumus alpha. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) pada siklus I nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa adalah 74,15 (Perlu Bimbingan) dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 55% (Rendah), pada siklus II nilainya meningkat menjadi 78,75 (Cukup) dan 80% (Tinggi) (2) pada siklus I persentase keterampilan mengajar guru adalah 75% (Cukup), pada siklus II meningkat menjadi 85,9% (Baik) (3) pada siklus I nilai aktivitas siswa adalah 70,25 (Perlu Bimbingan), pada siklus II meningkat menjadi 79,5 (Cukup). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pair Check berbantuan media Puzzle Rainbow dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas siswa. Peneliti menyarankan untuk menerapkan model Pair Check berbantuan media Puzzle Rainbow pada kelas IV agar siswa mampu membangun pengetahuan secara alamiah dalam belajar sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd. Pembimbing 2 Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pair Check, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Media Puzzle Rainbow, Keterampilan Mengajar Guru, Aktivitas Siswa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Sep 2020 02:00
Last Modified: 21 Sep 2020 02:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12673

Actions (login required)

View Item View Item