Meningkatkan hasil belajar melalui model make a match kelas v tema 1 organ gerak hewan dan manusia Di sdn kasiyan pati

PRASETYA, ERWIN LUKY (2019) Meningkatkan hasil belajar melalui model make a match kelas v tema 1 organ gerak hewan dan manusia Di sdn kasiyan pati. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (612kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru setelah diterapkan model pembelajaran Make a Match berbantuan media Powerpoint pada kelas V SDN Kasiyan Pati Make a Match berbantuan media powerpoint pada tema Organ Gerak Hewan dan Manusia subtema 1 muatan pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Kasiyan tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SDN Kasiyan Pati dengan subjek penelitian 16 siswa, penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Variable bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran make a match sedangkan variable terikat adalah hasil belajar siswa kelas V muatan pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari tindakan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model make a match dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 60% menjadi 86%. Aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 79,6% menjadi 81,8%, hasil belajar pada ranah kognitif juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 74,5% menjadi 78,25%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Kasiyan Pati dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswapada ranah kognitif, afektif, psikomotorik pada pelajaran IPA materi Organ gerak hewan kelas V SDN Kasiyan Pati. Saran dalam penelitian ini,guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat merangsang siswa agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya Muatan pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ika Ari Pratiwi, S.Pd, M.Pd. Pembimbing 2 Khamdun, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Media Powerpoint, Hasil Belajar, Sekolah Dasar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Sep 2020 02:14
Last Modified: 21 Sep 2020 02:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12675

Actions (login required)

View Item View Item