Penerapan model teams games tournament berbantuan media roda putar untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 9 kelas iv sdn 1 kaliwungu

RAHAYU, PUPUT (2019) Penerapan model teams games tournament berbantuan media roda putar untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 9 kelas iv sdn 1 kaliwungu. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan aktivitas siswa. model pembelajaran Teams Games Tournament dan menentukan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran Tema 9 Kayanya Negeriku menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media roda putar kelas IV SDN 1 Kaliwungu. Hasil belajar merupakan pencapaian akhir dari proses belajar mengajar. Agar hasil belajar siswa meningkat, perlu adanya model pembelajaran salah satunya yaitu model Teams Games Tournament.Pembelajaran model Teams Games Tournament merupakan suatu model pembelajaran yang sifatnya berkelompok, tetapi setiap peserta didik mempunyai tanggung jawab masing-masing sehingga peserta didik dapat aktif dalam pembelajarannya. Model media roda putar merupakan media yang mampu membentu peserta didik aktif dalam proses kegiatan belajar Tema 9 Kayanya Negriku. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah keterampilam guru dan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 1 kaliwungu dapat meningkat menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media roda putar. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan dikelas IV SDN 1 kaliwungu dengan subjek penelitian berjumlah 24 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terbagi dalam dua pertemuan. Tahapan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikatnya adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan meliputi teknik tes, nontes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif Hasil penelitian menunjukan siklus I keterampilan mengajar guru memperoleh rata-rata persentase 73,13% dengan kriteria baik dan pada siklus II nilai rata-rata presentase meningkat menjadi 88% dengan kriteria sangat baik. hasil belajar siswa pada pengetahuan meningkat dengan preentase ketuntasan prasiklus pada mata pelajaran IPS dengan rata-rata 61 bahasa Indonesia 63 pada siklus I nilai rata-rata muatan IPS adalah 69,38 dengan kriteria cukup, pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 80,42 dengan kriteria baik. Nilai rata-rata siklus I muatan Bahasa Indonesia adalah 70,17 dengan kriteria baik, pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 90,63 dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa pada ranah keterampilan muatan Bahasa Indonesia pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 58 dengan kriteria kurang pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 64 dengan kategori kurang. Hasil belajar siswa ranah keterampilan (psikomotor) pada muatan IPS nilai rata-rata siswa siklus I adalah 56 dengan kurang pada siklus II nilai rata-rata siswa naik menjadi 70 dengan cukup. Hasil belajar siswa pada ranah keterampilan muatan Bahasa Indonesia pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 54 dengan kriteria kurang pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72 dengan kriteria cukup. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 1 Kaliwungu dapat disimpulkan bahwa mengggunakan model Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa pengetahuan, dan hasil belajar keterampilan siswa pada mata pelajaran IPS dan Bahasa Indonesia.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dra, Sumarwiyah, M.Pd Kons Pembimbing 2 Ika Ari Pratiwi, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Teams Games Tournament, Roda Putar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Oct 2020 07:05
Last Modified: 20 Oct 2020 07:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12729

Actions (login required)

View Item View Item