Peningkatan pemahaman konsep melalui model numbered head together berbantuan media gambar tema 7 muatan ips danbahasa indonesia pada kelas iv sd 5 kandangmas

Husna, Laila Nurul (2019) Peningkatan pemahaman konsep melalui model numbered head together berbantuan media gambar tema 7 muatan ips danbahasa indonesia pada kelas iv sd 5 kandangmas. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (542kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Numbered Head Together berbantuan media gambar dan menemukan peningkatan pemahaman konsep siswa. Mengetahui peningkatan keterampilan mengajar guru melalui model Numbered Head Together berbantuan media gambar. Pemahaman konsep merupakan kemampuan yang dikuaai siswa dalam proses pembelajaran. Numbered Head Together adalah suatu metode belajar secara berkelompok yang menuntut siswa untuk berdiskusi dan memiliki tanggung jawab dengan bagian tugas setiap anggota. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Numbered Head Together berbantuan media gambar dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tema 7 muatan IPS dan Bahasa Indonesia kelas IV SD 5 Kandangmas. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 5 Kandangmas dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, variabel bebas adalah Numbered Head Together berbantuan media gambar sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai pemahaman konsep siswa muatan IPS pada siklus I 62,5%, kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 81,25%, sedangkan pada muatan Bahasa Indonesia pada siklus I 56,25% dan meningkat pada siklus II 87,5%. Keterampilan guru dalam mengajar dan mengelola kelas pada muatan IPS dan Bahasa Indonesia melalui model Numbered Head Together pada siklus I memperoleh presentase 81,87% berada pada kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 86,25% dengan kriteria sangat baik. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Numbered Head Together berbantuan media gambar meningkatkan pemahaman konsep siswa tema 7 muatan IPS dan Bahasa Indonesia kelas IV SD 5 Kandangmas.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 Drs. Masturi M.M Pembimbing 2 M. Syafrudin Kuryanto, M.Pd.
Kata Kunci: Model pembelajaran Numbered Head Together, Media Gambar, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Oct 2020 03:00
Last Modified: 21 Oct 2020 03:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12731

Actions (login required)

View Item View Item