Penerapan model make a matchberbantuan media poster untuk meningkatkan hasil belajar tema 9 subtemapemanfaatan kekayaan alam di indonesia kelas iv sd n sarirejo 04 pati Tahun ajaran 2018/2019

PRATAMA, ANDIKA YOGA (2019) Penerapan model make a matchberbantuan media poster untuk meningkatkan hasil belajar tema 9 subtemapemanfaatan kekayaan alam di indonesia kelas iv sd n sarirejo 04 pati Tahun ajaran 2018/2019. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (603kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikanpenerapan model Make a Match berbantuan media poster untuk peningkatan hasil belajar tema 9 subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indoesia kelas IV SDN Sarirejo 04 Pati.. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku, pada diri siswa, baik menyangkut pada aspek kognitif, sikap sosial, dan keterampilan. Make a match adalah suatu model yang berhubungan erat dengan karakteristik siswa yang gemar bermain, dengan keaktifan siswa untuk bergerak mencari pasangan yang sesuai kartu dengan jawaban dan pertanyaan yang sesuai sehingga dapat mempunyai pengalaman belajar yang bermakna. Media Poster merupakan kombinasi visual yang jelas, mecolok, dan menarik perhatian siswa. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model Make a Match berbantuan media poster dapat meningkatkan hasil belajar tema 9 subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia kelas IV SD N Sarirejo 04 Pati. Penelitian tindakan kelas ini akan dilakukan di kelas IV SD NSarirejo 04 Pati dengan subjek penelitian 35 orang siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, masing-masingsiklus terdiri atasIII pertemuan. Tahapan penelitian tindakan kelas ini yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model Make a Match. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan berupa analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru dari siklus I sebesar 78,43 dengan kriteria baik menjadi 81,13 dengan kriteria baik. Hasil belajar ranah kognitif dari siklus I sebesar 62,86% menjadi 91,43% pada siklus II. Hasil belajar ranah sikap sosial meningkat dari siklus I sebesar 72,38% dengan kriteria tinggi menjadi 75,05% dengan kriteria tinggi pada siklus II. Hasil belajar ranah keterampilan meningkat 75,52% dengan kriteria tinggi menjadi 76,39% dengan kriteria tinggi pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD N Sarirejo 04 Pati dapat disimpulkan bahwa penerapan model Make a Math Berbantuan Media Poster dapat meningkatkan hasil belajar tema 9 subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia Kelas IV SD N Sarirejo 04 Pati. Peneliti menyarankan agar dalam menerapkan model Make a Match guru harus memberikan bimbingan pada semua kelompok dan menggunakan media yang menarik sesuai dengan materi agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd. Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, S,Pd, M.Pd
Kata Kunci: Model Make a Match, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:16
Last Modified: 21 Oct 2020 04:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12740

Actions (login required)

View Item View Item