Peningkatan prestasi belajar dan aktivitas siswa Pada mata pelajaran ips melalui penerapan model Team games tournament bagi siswa kelas v Sd demangan kudus

ULYA, NIā€™MATUL (2019) Peningkatan prestasi belajar dan aktivitas siswa Pada mata pelajaran ips melalui penerapan model Team games tournament bagi siswa kelas v Sd demangan kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (449kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan mengajar IPS guru melalui penerapan pembelajaran Team Games Tournament pada siswa kelas V SD Demangan, serta pretasi belajar dan aktivitas belajar IPS siswa setelah diterapkannya pembelajaran Team Games Tournament. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan di kelas V SDN Demangan dengan subjek 21 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Variabel terikat adalah prestasi belajar dan aktivitas belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dan prestasi belajar IPS siswa. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Peningkatan aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I 46,13% berkriteria cukup menjadi 63,37% berkriteria baik (2) Peningkatan keterampilan guru pada siklus I mencapai 61,25%berkriteria cukup meningkat menjadi 82,5% berkriteria sangat baik (3) Peningkatan prestasi belajar siswa pada ranah kognitif siklus I mendapat 52,4%, % meningkat menjadi 80,95% pada siklus II, prestasi belajar ranah afektif siklus I meningkat dari 59,045% dengan criteria cukup menjadi 73,92% dengan criteria baik pada siklus II, serta prestasi belajar ranah psikomotorik meningkat pada siklus I dari 57,02% dengan criteria cukup menjadi 73,25% berkriteria baik pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, keterampilan guru serta prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Demangan Kudus. Saran untuk siswa diharapkan siswa bersungguh-sunggu dalam mengikuti pembelajaran supaya aktif. Untuk guru diharapkan model pembelajaran ini dapat menjadi inovasi dalam pemilihan model pada pembelajaran lainnya. Untuk sekolah diharapkan sekolah memberikan kesempatan guru untuk berpartisipasi aktif dalam mengikuti kegiatan yang menambah wawasan dalam mengelola pembelajaran di kelas serta memfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, M.Pd.
Kata Kunci: Prestasi belajar, Aktivitas belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, model Teams Games Tournament
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:53
Last Modified: 22 Oct 2020 04:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12754

Actions (login required)

View Item View Item