Peningkatan kemampuan komunikasi ilmiah melalui model think talk writeberbantuan media audio visual tema indahnya keragaman di negeriku

SARI, FITA LIYANA (2019) Peningkatan kemampuan komunikasi ilmiah melalui model think talk writeberbantuan media audio visual tema indahnya keragaman di negeriku. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (534kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar peningkatan kemampuan komunikasi ilmiah siswa, peningkatan keterampilan mengajar guru, peningkatan aktivitas siswa dengan penerapan model Think Talk Write berbantuan media audio visual pada tema indahnya keragaman di Negeriku kelas IV SDN Ngemplak Kidul 01 pada muatan IPA dan Bahasa Indonesia. Model Think Talk Write merupakan model pembelajaran untuk melatih keterampilan pemahaman konsep ataupun komunikasi siswa. Model Think Talk Write menekankan siswa untuk mengkomunikasikan hasil ide atau gagasannya. Model Think Talk Write yaitu proses Think bermakna berpikir, Talk bermakna berbicara, dan Write bermakna menulis. Kemampuan Komunikasi Ilmiah merupakan pengajaran secara langsung di lingkungan sosial. Audio visual merupakan media yang mengandung unsur suara dan mengandung unsur gambar yang dapat dilihat melalui alat elektronik yaitu berupa Video. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN Ngemplak Kidul 01 dengan subjek penelitian 25 siswa yaitu diantaranya 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian akan dilaksanakan selama dua siklus, Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikat pada penelitian ini yaitu kemampuan komunikasi ilmiah dan variabel bebas yaitu model Think Talk Write dengan bantuan media audio visual. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri atas analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas adanya peningkatan kemampuan komunikasi ilmiah siswa diukur dari dua aspek pembelajaran, aktivitas siswa dan peningkatan keterampilan guru. Kemampuan komunikasi ilmiah siswa siklus I aspek pengetahuan rata-rata nilai klasikal 71 dan aspek keterampilan mencapai 76,8. Pada siklus II meningkat dengan aspek pengetahuan rata-rata nilai klasikal 82,78 dan aspek keterampilan mencapai 87,2.Aktivitas Siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata klasikal 81,15 sedangkan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 86,45. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan pada siklus I mencapai 77,08 dan pada siklus II mencapai 87,5. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan komunikasi ilmiah siswa dapat ditingkatkan melalui modelThink Talk Write berbantuan media audio visual pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SDN Ngemplak Kidul 01. Simpulan pada hasil penelitian bahwa kemampuan komunikasi ilmiah siswa dapat meningkat melalui modelThink Talk Write berbantuan media audio visual pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SDN Ngemplak Kidul 01. Oleh karena itu, disarankan dalam menerapkan model Think Talk Write berbantuan media audio visual guru lebih inovatif dalam meningkatkan partisipasi siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ristiyani, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 Fina Fakhriyah, S.Pd. M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Ilmiah, Think Talk Write, Media Audio Visual.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:11
Last Modified: 27 Oct 2020 02:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12766

Actions (login required)

View Item View Item