Peningkatan hasil belajar siswa pada tema 9 kayanya negeriku dengan model round table berbantuan mediavisual pada kelas iv di sd 2 kesambi

SILVIA, NAZIH (2019) Peningkatan hasil belajar siswa pada tema 9 kayanya negeriku dengan model round table berbantuan mediavisual pada kelas iv di sd 2 kesambi. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN dEPAN.pdf - Accepted Version

Download (669kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 9 kayanya negeriku muatan bahasa Indonesia materi wawancara dan muatan PPKn materi hak dan kewajiban dengan model pembelajaran round table berbantuan media visual pada kelas IV di SD 2 Kesambi Mejobo. Hasil Belajar adalah hasil yang diperoleh siswa setelah melaksanakan pembelajaran di dalam kelas dengan menunjukkan niat tes yang diberikan oleh guru pada satu pokok bahasan. Round table adalah model pembelajaran yang dilakukan dengan duduk melingkar seperti lingkaran yang kemudia siswa diberi masalah oleh guru dan setiap siswa menuliskan ide dan disimpulkan. Hipotesis penelitian tindakan kelas adalah peningkatan hasil belajar siswa pada tema 9 kayanya negeriku muatan bahasa Indonesia materi wawancara dan muatan PPKn materi hak dan kewajiban dengan model pembelajaran round table berbantuan media visual pada kelas IV di SD 2 Kesambi Mejobo. Penelitian tindakan kelas yang akan dilakukan di kelas IV SD 2 Kesambi dengan subjek penelitian 32 siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 23 perempuan. Penelitian berlangsung selama 2 siklus. Siklus I terdiri dari pertemuan 1 dan pertemuan 2, siklus II juga terdiri dari pertemuan 1 dan pertemuan 2. Tahap dalam penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variable bebas pada penelitian ini adalah model round table berbantuan media visual. Variabel terikat adalah hasil belajar Tema 9. Teknis pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I 56,25% dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II mengalami peingkatan yaitu 80,25% dengan kriteria baik. Aktivitas siswa ranah afektif pada siklus I memperoleh 76,55% dengan kriteria baik, sedangkan pada siklus II memperoleh 87,25% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa ranah psikomotorik pada siklus I memperoleh 58,3% dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II memperoleh 62,85% dengan kriteria cukup. Hasil belajar siswa pada saat pra siklus bahasa Indonesia memperoleh 40,63% dan pra siklus PPKn memperoleh 43,75%. Pada siklus I hasil belajar siswa memperoleh 53,12%, sedangkan siklus II memperoleh 75%. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan model round table berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Kesambi. Berdasarkan pada penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelas IV SD 2 Kesambi dapat disimpulkan bahwa model round table berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Kesambi. Untuk itu disarankan untuk menerapkan model round table agar hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 Mila Roysa, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Round Table, Hasil Belajar, Tema 9 Kayanya Negeriku
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:20
Last Modified: 27 Oct 2020 02:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12767

Actions (login required)

View Item View Item