ULFA, NOVA AMALIA (2020) Penerapan model mind mapping berbantuan media roda putar untuk meningkatkan berpikir kreatif pada tema 6 cita-citaku kelas iv sd 1 jojo mejobo kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (949kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version Download (248kB) | Preview |
![]() |
Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (220kB) | Preview |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan berpikir kreatif siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru pada proses pembelajaran melalui model Mind Mapping berbantuan media Roda Putar pada tema 6 Cita-citaku kelas IV SD 1 Jojo. Model Mind Mapping merupakan cara kreatif bagi siswa untuk membuat pemetaan pikiran dengan menghasilkan gagasan serta ide-ide yang telah dipelajari dalam suatu pembelajaran. Media Roda Putar merupakan media pembelajaran jenis permainan yang digunakan untuk menarik minat belajar siswa dalam proses pembelajaran, sehingga memungkinkan adanya interaksi yang membuat siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Berpikir kreatif merupakan suatu proses berpikir dengan membangun ide-ide kreatif yang menghubungkan sesuatu dari sudut pandang baru. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model Mind mapping berbantuan model roda putar dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada tema 6 kelas IV SD 1 Jojo. Penelitian ini akan berlangsung dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah berpikir kreatif siswa, sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Mind Mapping dan media Roda Putar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan berpikir kreatif siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 77,08 dengan kriteria Cukup Kreatif meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 85,21 dengan Kriteria Kreatif. Aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 71,08 dengan kriteria Cukup Aktif meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 82,17 dengan kriteria Aktif Keterampilan mengajar guru pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 73,75 dengan kriteria Cukup meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 85,66 dengan kriteria Baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Mind Mapping berbantuan media roda putar dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada tema 6 Cita-citaku kelas IV SD 1 Jojo.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Fina Fakhriyah, S.Pd, M.Pd 2. Much Arsyad Fardani, S.Pd, M.Pd |
Kata Kunci: | Model Mind Mapping, Media Roda Putar, Berpikir Kreatif |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Jun 2021 23:49 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 23:49 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14195 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |