Nooryanti, Suci (2022) Pengaruh model discovery learning dan science, technology, engineering, and mathematics (stem) terhadap kemampuan higher order thinking skill (hots) siswa kelas v sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.PDF - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (458kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (397kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (933kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (398kB) | Preview |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS), 2) menganalisis pengaruh Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) terhadap kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS), dan 3) menganalisis perbedaan pengaruh kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental design menggunakan bentuk nonequivalent pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Mejobo dari 46 sekolah. Adapun sampel penelitian siswa kelas V di SD 5 Jepang yang berjumlah 34 peserta didik, siswa kelas V di SD 1 Gulang yang berjumlah 35 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Sedangkan siswa kelas V di SD 2 Jepang yang berjumlah 31 peserta didik sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata. Analisis data akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning berpengaruh positif terhadap kemampuan Higher Order Thinking Skill dari uji-t menunjukkan 2.2 > 2.0 dan uji N-gain sebesar 61.7. Penggunaan model Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) berpengaruh positif terhadap kemampuan Higher Order Thinking Skill dari uji-t menunjukkan 2.9 > 2.0 dan uji N.gain sebesar 58,9. Tidak ditemukan perbedaan hasil kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa yang menggunakan model discovery learning dengan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM). Ditunjukkan dari uji-t sebesar 0.19 < 2.0 dan N.gain cukup efektif sebesar 61.7 dan 58.9. Berdasarkan hasil dari penelitian, disimpulkan bahwa model discovery learning dengan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) berpengaruh terhadap kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa kelas V Sekolah Dasar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | (1) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. (2) Dr. Su’ad, M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Discovery Learning, STEM, Kemampuan HOTS |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar Ilmu Murni > Q Science (General) Ilmu Murni > Matematika |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Mar 2022 02:51 |
Last Modified: | 26 Mar 2022 02:51 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16159 |
Actions (login required)
View Item |