Pengaruh model discovery learning dan science, technology, engineering, and mathematics (stem) terhadap kemampuan higher order thinking skill (hots) siswa kelas v sekolah dasar

Nooryanti, Suci (2022) Pengaruh model discovery learning dan science, technology, engineering, and mathematics (stem) terhadap kemampuan higher order thinking skill (hots) siswa kelas v sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.PDF - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS), 2) menganalisis pengaruh Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) terhadap kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS), dan 3) menganalisis perbedaan pengaruh kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental design menggunakan bentuk nonequivalent pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Mejobo dari 46 sekolah. Adapun sampel penelitian siswa kelas V di SD 5 Jepang yang berjumlah 34 peserta didik, siswa kelas V di SD 1 Gulang yang berjumlah 35 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Sedangkan siswa kelas V di SD 2 Jepang yang berjumlah 31 peserta didik sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata. Analisis data akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning berpengaruh positif terhadap kemampuan Higher Order Thinking Skill dari uji-t menunjukkan 2.2 > 2.0 dan uji N-gain sebesar 61.7. Penggunaan model Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) berpengaruh positif terhadap kemampuan Higher Order Thinking Skill dari uji-t menunjukkan 2.9 > 2.0 dan uji N.gain sebesar 58,9. Tidak ditemukan perbedaan hasil kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa yang menggunakan model discovery learning dengan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM). Ditunjukkan dari uji-t sebesar 0.19 < 2.0 dan N.gain cukup efektif sebesar 61.7 dan 58.9. Berdasarkan hasil dari penelitian, disimpulkan bahwa model discovery learning dengan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) berpengaruh terhadap kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: (1) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. (2) Dr. Su’ad, M.Pd.
Kata Kunci: Model Discovery Learning, STEM, Kemampuan HOTS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Ilmu Murni > Q Science (General)
Ilmu Murni > Matematika
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Mar 2022 02:51
Last Modified: 26 Mar 2022 02:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16159

Actions (login required)

View Item View Item