ILIYYANA, SALSA ROSA (2022) Hubungan antara regulasi diri dan keterlibatan orang tua dengan motivasi belajar pada siswa smp di masa pandemi. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara regulasi diri dan keterlibatan orang tua dengan motivasi belajar pada siswa SMP. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunkan teknik cluster sampling. Subjek penelitian ini adalah 53 siswa di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Kudus. Alat ukur yang digunakan untuk memperoleh data adalah skala motivasi belajar, regulasi diri dan keterlibatan orang tua. Diperoleh hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel rx12y sebesar 0,330 dengan taraf signifikansi p sebesar 0,056 (p>0,05). Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara regulasi diri dan keterlibatan orang tua dengan motivasi belajar. Dengan demikian hipotesis mayor dalam penelitian ini dapat ditolak. Hasil koefisien korelasi antara motivasi belajar dengan regulasi diri rx1y sebesar -0,028 dengan tingkat signifikansi p 0,421 (p>0.05) yang artinya tidak ada hubungan antara motivasi belajar dengan regulasi diri pada siswa SMP, sehingga hipotesis minor yang diajukan dalam penelitian ini dapat ditolak. Adapun koefisien korelasi antara keterlibatan orang tua dengan motivasi belajar rx2y sebesar 0,329 dengan taraf signifikansi p sebesar 0,008 (p<0,01), hal ini menyatakan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara keterlibatan orang tua dengan motivasi belajar. Dengan demikian, hipotesis minor yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Sumbangan efektif variabel bebas terhadap variabel tergantung sebesar 10,8%.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1.Dr. Trubus Raharjo,S.Psi.,M.Si.,Psikolog Dosen Pembimbing 2.Iranita Hervi Mahardayani S.Psi., M.Psi |
Kata Kunci: | motivasi belajar, regulasi diri, keterlibatan orang tua |
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Filsafat yang berhubungan dengan topik lain |
Program Studi: | Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 18:53 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 20:08 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17625 |
Actions (login required)
View Item |