STUDI KASUS PENERAPAN KONSELING BEHAVIORISTIK UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X 3 DI SMA NEGERI 1 NALUMSARI JEPARA TAHUN AJARAN 2012/2013

Noviana, Rika (2013) STUDI KASUS PENERAPAN KONSELING BEHAVIORISTIK UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X 3 DI SMA NEGERI 1 NALUMSARI JEPARA TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (17MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (166kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (234kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (241kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (180kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (161kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (152kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB)

Abstrak

Noviana, Rika. 2013.StudiKasusPenerapanKonselingBehavioristik Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Siswa Kelas X 3 Di SMA Negeri 1 Nalumsari Jepara Tahun Ajaran 2012/2013.Skripsi.Program StudiBimbingandanKonseling, FakultasKeguruandanIlmuPendidikan, UniversitasMuria Kudus.Pembimbing: I Dra. SumarwiyahM.Pd, Kons., II Drs. SusiloRahardjo, M.Pd. Kata Kunci:Konseling Behavioristik; Kesulitan Belajar Masalah kesulitan belajar yang sering dialami oleh para siswa di sekolah merupakan masalah penting yang perlu mendapat perhatian yang serius di kalangan para pendidik. Karena kesulitan belajar yang mereka alami akan mendapat dampak negatif, baik terhadap diri sendiri, maupun terhadap lingkungannya. Kesulitan belajar bisa di sebabkan karena kurangnya konsentrasi. Ada beberapa siswa di SMA Negeri 1 Nalumsari yang mengalami kesulitan belajar dengan ciri-ciri prestasi belajarnya rendah, saat pelajaran sering melamun, tidak suka dengan mata pelajaran, sering mengantuk di kelas. Karena siswa tidak mengetahui cara-cara belajar yang baik dan benar. Padahal cara belajar yang di gunakan oleh siswa mempunyai peranan dalam menentukan hasil pelajar yang di harapkan. Oleh karena itu setiap siswa harus tahu dan memiliki cara belajar yang baik. Konselor dalam mengatasi masalah siswa yang mengalami kesulitan belajar yaitu dengan menggunakan konseling behavioristik. Dalampenelitianini, rumusanmasalahadalah: 1. Menemukan faktor-faktor apa sajakah yang melatar belakangi kesulitan belajar pada siswa X 3 SMA Negeri 1 Nalumsari Jepara tahun ajaran 2012/2013. 2. Apakah penerapan model konseling Behavioristik dapat mengatasi masalah kesulitan belajar pada siswa kelas X 3 SMA Negeri 1 Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2012/2013.Tujuandaripenelitianiniyaitu: 1. Untuk mendiskripsikan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pada siswa kelas X 3 SMA Negeri 1 Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2012/2013.2. Untuk mengatasi masalah kesulitan belajar melalui penerapan model konseling Behavioristik pada siswa kelas X 3 SMA Negeri 1 Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2012/2013. Kegunaanteoritis:1. Peneliti dapat menambah wawasan bagi para konselor, guru atau pihak yang terkait tentang penerapan model konseling behavioristik untuk mengatasi siswa yang mengalami kesulitan belajar. 2. Menjadi dasar pijakan untuk penelitian-penelitian selanjutnya.Kegunaanpraktisnya: 1. Bagi kepala sekolah dapat membantu memfasilitasi adanya penelitian di sekolah dengan menggunakan penerapan model konseling Behavioristik dan dapat membantu mengetahui siswa yang mengalami kesulitan belajar 2. Bagi konselor memperoleh alternatif pemecahan masalah siswa dengan penerapan model konseling behavioristik untuk mengatasi siswa yang mengalami kesulitan belajar di SMA Negeri 1 Nalumsari Jepara tahun ajaran 2012/2013. 3. Bagi siswa dapat memecahkan masalah yang sedang dialami yaitu kesulitan belajar. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus, dengan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek penelitian 3 siswa yaitu WAO, MS, RBR yang mengalami kesulitan belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data : Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik induksi sistem bacon. Adapun pembahasan dalam penelitian ini adalah faktor penyebab kesulitan belajar dan pengaruh behavioristik dalam menangani kesulitan pada siswa . Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa : yang menjadi faktor penyebab kesulitan belajar siswa adalah: Klien 1 (WAO) dipengaruhi faktor internal dan eksternal, faktor internal: konseli tidak merasa senang/kurang berminat terhadap pelajaran yang di hadapi. eksternal: konseli merasa terganggu oleh suara bising dari mesin pertukangan dekat rumahnya dan juda suara bising kendaraan yang lalu lalang karena rumah konseli dekat dengan jalan raya. Klien 2 (MS) dipengaruhi faktor internal dan eksternal. Faktor internal ketidaksiapan konseli dalam menerima pelajaran, dan kurangnya motivasi dan minat terhadap pelajaran yang sedang dihadapi., faktor eksternal pengaruh teman MS yang mengajak ngobrol di saat jam pelajaran berlangsung. Klien 3 (RBR) dipengaruhi faktor internal dan eksternal. Faktor internal ketidaksiapan konseli dalam menerima pelajaran, kondisi fisik yang lemah karena RBR mempunyai penyakit asma, dan RBR tidak berminat terhadap pelajaran yang sedang dihadapi, faktor eksternal fasilitas belajar yang tidak memadai, dan suasana rumah yang kurang nyaman dan kurang tenang. Setelah dilaksanakan tiga konseling dengan pendekatan behavioristik, terjadi perubahan sikap yang awalnya ketiganya mengalami kesulitan belajar menjadi bersemangat untuk belajar dan mengubah perilaku yang tidak baik menjadi baik. Berdasarkan kesimpulan di atas peneliti memberikan saran yang di ajukan untuk : 1. Kepala sekolah: perlunya konselor yang profesional untuk menangani kesulitan belajar. 2. Konelor sekolah: dapat mengetahui permasalahan siswa secara optimal tentunya kesulitan belajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Nama : Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 18 Feb 2014 04:28
Last Modified: 18 Feb 2014 04:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2116

Actions (login required)

View Item View Item