UPAYA MENINGKATKAN KONFORMITAS SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PEER GROUP PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 PATI TAHUN 2013/2014

Zaenudin, Achmad (2013) UPAYA MENINGKATKAN KONFORMITAS SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PEER GROUP PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 PATI TAHUN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (470kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (184kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (276kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (264kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (460kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (161kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (95kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB)

Abstrak

Zaenudin Achmad, 2013. “Upaya Meningkatkan Konformitas Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Peer Group pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Pati Tahun 2013/2014”. Skripsi program studi bimbingan dan konseling di universitas muria kudus. Dosen pembimbing I Drs. Sucipto, M.Pd. Kons, dosen pembimbing II Drs. Masturi, MM. Kata Kunci: konformitas; bimbingan kelompok Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan yang ada di SMK Negeri 3 Pati bahwa ada beberapa siswa yang memiliki tingkat konformitas rendah. Pengambilan kesimpulan bahwa tingkat konformitas siswa yang rendah didasari dari temuan peneliti dilapangan bahwa masih terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam berkomunikasi antar siswa, bergaul, bersosialisasi dan bekerja sama. Rendahnya konformitas siswa ini jika terus dibiarkan akan mengancam kebersamaan kelas. Tujuan dari penelitian ini ialah Mendeskripsikan peningkatan konformitas siswa setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group tahun 2013 / 2014. konformitas merupakan perubahan perilaku remaja sebagai usaha untuk menyesuaikan diri dengan norma kelompok acuan baik ada maupun tidak ada tekanan secara langsung yang berupa suatu tuntutan tidak tertulis dari kelompok teman sebaya terhadap anggotanya namun memiliki pengaruh yang kuat dan dapat menyebabkan munculnya perilaku-perilaku tertentu pada remaja anggota kelompok tersebut. bimbingan kelompok dengan teknik peer group, yang dapat diartikan memanfaatkan dinamika kelompok, dalam mengembangkan diri remaja khususnya dalam meningkatkan konformitas siswa. Bimbingan kelompok dianggap mampu meningkatkan konformitas siswa karena anak lebih menerima masukan ketika diskusi dibanding metode lain. hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah “Diterapkannya layanan bimbingan kelompok dengan Teknik Peer Group dapat meningkatkan konformitas siswa Kelas X SMK Negeri 3 Pati Tahun ajaran 2013 / 2014.” Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (PTBK) yang akan dibagi menjadi 2 siklus. Masing-masing siklus terbagi dalam 4 tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi dan revleksi. Dalam setiap siklusnya penelitian dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah delapan siswa kelas X KCR SMK Negeri 3 Pati tahun 2013. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa bimbingan kelompok dapat meningkatkan tingkat konformitas siswa yang semula rendah menjadi lebih tinggi. Hal demikian diwujudkan dengan sikap siswa yang mampu berkomnikasi, bersosialisasi, bergaul dan bekerjasama dengan baik sebagai bagian dari anggota kelas. Saran yang diberikan: 1.Kepala sekolah.Diharapkan dapat memberikan saran dan perhatian yang lebih mengenai tingkat konformitas siswa yang rendah demi menunjang keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 3 Pati.2. Konselor. Diharapkan guru pembimbing dapat membantu siswa dalam menghadapi masalah-masalah yang dihadapi serta dapat membantu dalam meningkatkan konformitas siswa disekolah. 3. Peneliti berikutnya. Diharapkan peneliti berikutnya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar untuk mengembangkan penelitian selanjutnya dengan memperluas aspek kajian penelitian  

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing:Drs.Sucipto,M.Pd.Kons
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Mar 2014 03:25
Last Modified: 27 Mar 2014 03:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2217

Actions (login required)

View Item View Item