UPAYA MENGURANGI FREKUENSI PENGGUNAAN FACEBOOK PADA SISWA KELAS VIII-E SMP 2 BAE KUDUS MELALUI BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Rizqieyaningsih, Nur (2013) UPAYA MENGURANGI FREKUENSI PENGGUNAAN FACEBOOK PADA SISWA KELAS VIII-E SMP 2 BAE KUDUS MELALUI BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (650kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (259kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (407kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (413kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (583kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (269kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (242kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (212kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB)

Abstrak

Rizqieyaningsih, Nur. 2013. Upaya Mengurangi Frekuensi Penggunaan Facebook Pada Siswa Kelas VIII-E SMP 2 Bae Kudus Melalui Bimbingan Pribadi-Sosial Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Pendidikan Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing : (1) Drs. Sunardi, (2) Dra. Hj. Sutarti. S.E, M.M. Kata kunci: Penggunaan Facebook Tinggi, Bimbingan Bidang Pribadi-Sosial Salah satu bagian penting dalam Bimbingan dan Konseling ialah bidang bimbingan pribadi-sosial. Hal ini tidak terhindar dari perkembangan IPTEK di era globalisasi, yang membuat hubungan pribadi-sosial individu seakan tidak ada batasan lagi. Perkembangan teknologi ini yang memunculkan berbagai sarana bersosialisasi didunia maya menjadi tren semua pengguna internet. Salah satunya yaitu jejaring sosial Facebook yang dewasa ini memberikan pengaruh negatif terhadap penggunanya, siswa banyak menghabiskan waktu untuk berpikir tentang Facebook atau rencana penggunaan Facebook terutama pada jam belajar, merasakan dorongan untuk menggunakan Facebook secara berlebihan terutama pada jam belajar, menggunakan Facebook untuk melupakan masalah pribadi, telah mencoba untuk mengurangi penggunaan Facebook terutama pada jam belajarnamun masih mengalami kegagalan, menjadi gelisah atau bermasalah jika dilarang menggunakan Facebook terutama pada jam belajar, penggunaan Facebook yang terlalu sering pada jam belajar berpengaruh buruk pada aktivitas dan prestasi belajar siswa. Sehingga ditemukan penggunaan Facebook yang tinggi di SMP 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Oleh karena itu untuk membantu siswa mengurangi penggunaan Facebook yang tinggi adalah dengan memberikan bimbingan klasikal pada bidang pribadi-sosial. Agar siswa meningkatkan produktifitas belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimanakah layanan bimbingan pribadi-sosial dapat mengurangi frekuensi penggunaan Facebook pada siswa kelas VIII-E SMP 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2012/2013?. Dan tujuan penelitian ini adalah, 1. Untuk mendeskripsikan frekuensi penggunaan Facebook pada siswa kelas VIII-E SMP 2 Bae Kudus sebelum dan setelah dilakukan tindakan bimbingan pribadi-sosial. 2. Untuk diperoleh pengurangan frekuensi penggunaan Facebook pada siswa kelas VIII-E SMP 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 melalui layanan bimbingan klasikal pada bidang pribadi-sosial. Kegunaan teoritis penelitian dapat digunakan, untuk menambah khasanah keilmuan bidang Bimbingan dan Konseling, khususnya dalam penyusunan program bimbingan pribadi-sosial guna membantu mengurangi frekuensi penggunaan Facebook yang berdampak negatif bagi prestasi belajar siswa. Serta dapat dimanfaatkan sebagai bahan informasi atau bahan acuan dan dapat digunakan sebagai bahan penulisan yang berkaitan dengan topik penelitian. Dan kegunaan praktisnya, 1. Bagi kepala sekolah dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah, 2. Bagi guru pembimbing dapat digunakan sebagai panduan/tindakan untuk membantu mengentaskan siswa dari penggunaan Facebook yang frekuensinya tinggi, 3. Bagi siswa dapat digunakan agar siswa merasakan dampak negatif dari penggunaan Facebook yang berlebihan, sehingga dapat menggunakan aktivitas belajar dan waktu luang dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu siswa juga mampu mengurangi frekuensi penggunaan Facebook agar tidak menjadi kecanduan. Ruang lingkup penelitian yang sesuai dengan judul penelitian ini adalah mengenai penggunaan Facebook pada siswa kelas VIII-E SMP 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2012/2013 yang frekuensinya tinggi dan layanan bimbingan klasikal pada bidang pribadi-sosial. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu melalui bimbingan pribadi-sosial, dapat mengurangi frekuensi penggunaan Facebook yang tinggi pada siswa kelas VIII-E SMP 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Subjek penelitian sebanyak 8 siswa dari kelas VIII-E SMP 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2012/2013 yang penggunaan Facebooknya tinggi. Setelah dilaksanakan tiga kali pertemuan dalam dua siklus dengan tindakan bimbingan pribadi-sosial, ditinjau dari aspek penggunaan akun Facebook subjek, yang terdiri dari frekuensi penggunaan, aktivitas yang dikerjakan serta waktu penggunaan Facebook pada kondisi awal diperoleh skor 3 atau dalam kategori tinggi yaitu penggunaan Facebook yang diatas 10x akses perminggunya, pada siklus I diperoleh skor 1.9 atau dalam kategori cukup yaitu penggunaan Facebook antara 5x sampai 10x akses perminggu, sedangkan pada siklus II penggunaan akun Facebook subjek mengalami pengurangan dengan skor 1.1 atau dalam kategori rendah yaitu penggunaan Facebook yang dibawah 5x akses perminggunya. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa, pengurangan frekuensi penggunaan Facebook melalui bimbingan pribadi-sosial pada siklus I dan siklus II terhadap 8 subjek berjalan cukup baik, terlihat pada berkurangnya penggunaan frekuensi penggunaan Facebook, aktivitas penggunaan Facebook serta waktu penggunaan Facebook subjek juga terlihat berkurang atau dalam kategori rendah. Sedangkan interaksi subjek dengan teman satu kelas serta rasa tanggung jawab subjek mulai menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan yaitu dalam kategori tinggi. Saran hasil penelitian, 1. Kepala sekolah untuk memfasilitasi konselor sekolah dalam memberikan layanan bimbingan pribadi-sosial dengan upaya mengurangi frekuensi penggunaan Facebook, 2. Guru pembimbing diharapkan bisa merencanakan program bimbingan pribadi-sosial pada siswa sejak awal kelas VII. Hal ini bertujuan agar dapat meningkatkan efektifitas bimbingan pribadi-sosial dengan terkumpulnya data yang lebih banyak dan komprehensif terhadap data penggunaan Facebook siswa yang mampu menunjang optimalisasi pribadi-sosial siswa, 3. Siswa diharapkan dapat mengurangi penggunaan Facebook yang berlebihan, dengan demikian diharapkan prestasi belajar dan pemanfaatan waktu luang siswa dapat berjalan dengan baik

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Sunardi
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Feb 2014 04:08
Last Modified: 27 Feb 2014 04:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2236

Actions (login required)

View Item View Item