HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP N 2 BAE KUDUS

Minarti, Lenny (2014) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP N 2 BAE KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (959kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (215kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara kecerdasan verbal-linguistik dan dukungan sosial dengan prestasi belajar pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP N 2 Bae Kudus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Bae Kudus dengan melibatkan 186 siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan alat yang digunakan untuk memperoleh data dengan menggunakan skala kecerdasan verbal-linguistik, skala dukungan sosial, dan nilai raport bahasa Indonesia semester I. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis mayor yang diajukan diterima dimana kecerdasan verbal-linguistik (X1) dan dukungan sosial (X2) mempunyai hubungan positif yang sangat signifikan dengan prestasi belajar pada pelajaran bahasa Indonesia (Y) terbukti dengan hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel sebesar 0,407 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01), sumbangan efektif sebesar 16,5 %. Kata Kunci :Kecerdasan Verbal-Linguistik, Dukungan Sosial, dan Prestasi Belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Fajar Kawuryan,S.Psi,M.Si
Kata Kunci: Kecerdasan Verbal-Linguistik, Dukungan Sosial, dan Prestasi Belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Program Studi: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Mar 2014 02:45
Last Modified: 29 Mar 2014 02:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2616

Actions (login required)

View Item View Item