HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP N 2 BAE KUDUS

Minarti, Lenny (2014) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP N 2 BAE KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (959kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (277kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (275kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (269kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (360kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (199kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (215kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara kecerdasan verbal-linguistik dan dukungan sosial dengan prestasi belajar pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP N 2 Bae Kudus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Bae Kudus dengan melibatkan 186 siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan alat yang digunakan untuk memperoleh data dengan menggunakan skala kecerdasan verbal-linguistik, skala dukungan sosial, dan nilai raport bahasa Indonesia semester I. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis mayor yang diajukan diterima dimana kecerdasan verbal-linguistik (X1) dan dukungan sosial (X2) mempunyai hubungan positif yang sangat signifikan dengan prestasi belajar pada pelajaran bahasa Indonesia (Y) terbukti dengan hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel sebesar 0,407 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01), sumbangan efektif sebesar 16,5 %. Kata Kunci :Kecerdasan Verbal-Linguistik, Dukungan Sosial, dan Prestasi Belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Fajar Kawuryan,S.Psi,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Verbal-Linguistik, Dukungan Sosial, dan Prestasi Belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 29 Mar 2014 02:45
Last Modified: 29 Mar 2014 02:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2616

Actions (login required)

View Item View Item