Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya Terhadap Daratan Menggunakan Pendekatan CTL Pada Kelas IV SD 1 Kaliputu Kecamatan Kota Kabupaten Kudus.

Rahayu, Sri (2014) Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya Terhadap Daratan Menggunakan Pendekatan CTL Pada Kelas IV SD 1 Kaliputu Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (443kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (121kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (658kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (247kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (851kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (181kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (171kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (166kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Prestasi belajar adalah suatu hasil dari kegiatan yang telah dikerjakan oleh siswa baik secara individu maupun kelompok. Hasil wawancara dengan guru kelas menyatakan bahwa prestasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA masih dibawah KKM yang ditentukan yaitu 68. Pada hasil observasi terlihat proses pembelajaran yang berlangsung masih berpusat pada guru, siswa tidak aktif, dan prestasi belajarnya rendah. Ini terlihat dari hasil pretes yang dilakukan oleh peneliti, dengan hasil rata-rata klasikal mencapai 57,50, dengan nilai tertinggi 83,33, nilai terendah 40, sedangkan ketuntasan klasikal mencapai 25% atau 5 siswa dan siswa yang tidak tuntas mencapai 75% atau 15 siswa dari total 20 siswa yang mengikuti pretes. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan CTL dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan pada Kelas IV SD 1 Kaliputu Kudus. Pedekatan CTL digunakan untuk mendorong siswa dalam menghubungkan antara materi dan pengetahuan yang diperoleh di sekolah kedalam kehidupan nyata siswa. Komponen pembelajaran CTL terdiri dari: (a) Konstruktivisme, (b) Inquiry, (c) Questioning (Bertanya), (d) Learning Community (Masyarakat Belajar), (e) Modeling (Pemodelan), (f) Reflection (Refleksi), (g) Authentic Assessment (Penilaian). Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode observasi, tes, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Observasi dilakukan dengan mengamati aktivitas siswa dan guru di kelas dengan menggunakan lembar observasi yang mengarah pada tahapan pendekatan CTL. Tes yang digunakan dalam penelitian adalah tes tertulis individu dalam bentuk pilihan ganda yang terdiri dari pos tes I dan pos tes II. Metode wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang hal-hal yang terkait dengan penelitian seperti data-data tentang siswa dan karakteritik siswa. Metode dokumentasi berupa foto sebagai dokumen untuk mengumpulkan data. Catatan lapangan digunakan sebagai pijakan untuk memperbaiki proses pembelajaran pada siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada nilai rata-rata siswa pada kondisi awal hanya mencapai 57,50 meningkat pada siklus I menjadi 70,5 dan pada siklus II sebesar 83,25. Pada prasiklus siswa yang mencapai KKM sebanyak 25% menjadi meningkat pada siklus I menjadi 70%, dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Peningkatan prestasi belajar juga dilihat dari aktivitas siswa dan pengelolaan pembelajaran. Hasil pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2,46 dengan kriteria “cukup baik” dan meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 3,08 dengan kriteria “baik”. Hasil pengelolaan pembelajaran pada siklus I skor rata-ratanya 2,3 dengan kriteria “cukup baik” dan meningkat pada siklus II menjadi 3,32 dengan kriteria “sangat baik”. Penulis menyarankan bagi guru-guru Sekolah Dasar untuk menggunakan pendekatan pembelajaran yang kontekstual sehingga materi pelajaran yang didapat oleh siswa dapat langsung diterapkan dalam kehidupan nyata siswa sebagai anggota keluarga, sekolah dan masyarakat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing (i). Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd, (ii) Khamdun, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata–kata kunci: Prestasi Belajar, IPA, Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya Terhadap Daratan, Pendekatan CTL.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 19 Apr 2014 02:33
Last Modified: 19 Apr 2014 02:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2790

Actions (login required)

View Item View Item