Peningkatan Keterampilan Membaca Pantun Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 5 Loram Kulon Jati Kudus

PRASETIANI, DEWI INDAH (2015) Peningkatan Keterampilan Membaca Pantun Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 5 Loram Kulon Jati Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (373kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (172kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (446kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (177kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Bab 6) - Accepted Version
Download (100kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (199kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya motivasi dan keterampilan membaca siswa kelas IV SD Negeri 5 Loram Kulon Jati Kudus. Pembelajaran berpusat pada guru, siswa belum aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan, kemandirian dan tanggung jawab dalam diri siswa adalah model pembelajaran think pair share. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dengan diterapkannya model pembelajaran think pair share pada pembelajaran membaca pantun; (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran membaca pantun dengan diterapkannya model pembelajaran think pair share; (3) menemukan peningkatan keterampilan membaca pantun dengan diterapkannya model pembelajaran think pair share pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Loram Kulon Jati Kudus. Think pair share adalah model pembelajaran kooperatif yang menekankan kerjasama siswa dalam kelompok kecil. Guru memberikan pertanyaan kepada seluruh siswa. Siswa diminta untuk memikirkan jawaban dari mereka sendiri. Guru meminta siswa berdiskusi secara berpasangan untuk mencapai sebuah kesepakatan terhadap jawaban. Kemudian guru meminta siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok di muka kelas. Sintaks pembelajaran yang digunakan dalam penelitian adalah (1) siswa ditempatkan dalam kelompok-kelompok, (2) guru memberikan tugas pada setiap kelompok, (3) masing-masing anggota memikirkan dan mengerjakan tugas tersebut sendiri-sendiri terlebih dahulu, (4) kelompok membentuk anggota-anggota secara berpasangan. Setiap pasangan mendiskusikan hasil pengerjaan individunya, (5) setiap pasangan lalu mempresentasikan hasil diskusinya di muka kelas. Model penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus, yang tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Serangkaian langkah yang memiliki empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa silabus, RPP, lembar pengamatan keterampilan guru, lembar pengamatan keaktifan siswa dan soal evaluasi. Pengamatan yang peneliti lakukan dalam kegiatan penelitian tindakan kelas meliputi pengamatan keterampilan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran, keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran dan keterampilan membaca pantun siswa kelas IV SD Negeri 5 Loram Kulon Jati Kudus. Berdasarkan ketiga pengamatan yang dilakukan, dapat diketahui bahwa keaktifan siswa, keterampilan guru dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, hal ini dapat dilihat dari kegiatan pengamatan keterampilan guru pada siklus I memperoleh rata-rata 31,67 dengan kriteria baik, pada siklus II rata-rata skor meningkat menjadi 37,37. Kegiatan pengamatan aktivitas siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari rata-rata pada siklus I sebesar 37,5 dan rata-rata meningkat pada siklus II menjadi 43,5. Demikian juga dengan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari pra siklus hingga siklus II dengan pesentase keberhasilan pada prasiklus sebesar 40%, pada siklus I meningkat menjadi 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 80%. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan, maka diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan keterampilan membaca pantun pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Loram Kulon Jati Kudus. Terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata skor keterampilan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran, peningkatan rata-rata skor aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dan peningkatan keterampilan membaca pantun siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: membaca, pantun, model pembelajaran think pair share.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 18 Feb 2015 07:58
Last Modified: 18 Feb 2015 07:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4037

Actions (login required)

View Item View Item