Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Informasi Dengan Alat Peraga Boneka Pada Siswa Kelas V Sd 2 Klaling Kudus

JAYANTO, DONI DWI (2015) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Informasi Dengan Alat Peraga Boneka Pada Siswa Kelas V Sd 2 Klaling Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (509kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (116kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (229kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (309kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (644kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (124kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (64kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (68kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya motivasi belajar siswa kelas V, hal ini ditunjukkan dengan sikap siswa yang cenderung sering ngobrol dengan teman, tidak tertarik pada mata pelajaran yang di ajarkan, saat di tanya guru tidak tahu apa yang di ajarkan, asyik sendiri saat di beri materi pelajaran tidak memperhatikan materi dengan baik. Kondisi tersebut diatas menurut peneliti dapat diatasi melalui layanan informasi. Permasalahan yang akan diteliti adalah “Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar melalui layanan informasi dengan alat peraga boneka di kelas V di SD 2 Klaling Jekulo Kudus 2013/2014”. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk memperoleh peningkatan motivasi belajar siswa melalui layanan informasi dengan menggunakan alat peraga boneka pada siswa kelas V di SD 2 Klaling Jekulo Kudus 2013/2014. Kegunaan penelitian ini adalah : 1. Kegunaan teoritis : Untuk kontribusi pada pengembangan ilmu Bimbingan dan Konseling bagi peneliti dan pembaca dalam pembelajaran motivasi belajar dengan layanan informasi yang di bantu alat peraga boneka dan pelaksanaannya. 2. Kegunaan praktis penelitian ini adalah : 1) Bagi Kepala Sekolah, 2) Bagi Guru BK, dan 3) Bagi Siswa,. Hipotesis penelitian ini adalah : “Adanya peningkatan yang signifikan akivitas siswa, adanya peningkatan yang signifikan keterampilan guru, adanya peningkatan motivasi belajar siswa melalui layanan informasi dengan menggunakan alat peraga boneka pada siswa kelas V SD 2 Klaling Kudus”. Penelitian ini dilakukan di SD 2 Klaling Kudus yang beralamat di Jl. Ugrowolo gang 2 RT 02 RW 02 Klaling Jekulo Kudus, sedangkan subjek penelitian ini adalah kelas V dengan 21 siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Variabel penelitian: Layanan informasi dengan alat peraga boneka (variabel bebas) dan motivasi belajar siswa (variabel terikat). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara sebelum pra layanan informasi dengan alat peraga boneka siswa termasuk dalam kategori kurang (15). Setelah diberi treatment layanan informasi pada sikus I, motivasi belajar siswa meningkat menjadi kategori cukup (27) dan setelah siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi kategori baik (38). Hal ini menunjukkan layanan informasi dengan alat peraga bonekadapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD 2 Klaling Kudus Tahun Ajaran 2013/2014. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah layanan informasi dengan alat peraga boneka mampu meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD 2 Klaling Tahun 2013/2014. Melihat temuan di lapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala Sekolah diharapkan dapat memberikan fasilitas yang mendukung, salah satunya dalam menyelenggarakan layanan informasi yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling. 2. Kepada Konselor, diharapkan konselor dapat memberikan layanan informasi sesuai dengan kebutuhan siswa. 3. Siswa diharapkan mampu merubah keadaannya yang awalnya memiliki motivasi belajar rendah menjadi meningkat. 4. Penelitian selanjutnya diharapkan peneliti mampu menyiapkan segala kebutuhan yang akan digunakan dalam layanan informasi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Ders. Masturi, MM
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Siswa, Layanan Informasi dengan Alat Peraga Boneka
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 24 Mar 2015 07:36
Last Modified: 24 Mar 2015 07:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4337

Actions (login required)

View Item View Item