Penerapan Model Numbered Heads Together(Nht) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Kelas Iv Sdn 3 Ngetuk Nalumsari Jepara

KHOLIPAH, UMI (2015) Penerapan Model Numbered Heads Together(Nht) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Kelas Iv Sdn 3 Ngetuk Nalumsari Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (779kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (391kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (468kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (472kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (279kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (244kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (324kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuanmendeskripsikanpenerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) danmenentukanpeningkatanketerampilan guru dalampengelolaanpembelajaran, aktivitasbelajarsiswadanmenentukanpeningkatanpemahamankonsepmatematikasiswapadamatapelajaranmatematikamateripenjumlahandanpenguranganpecahanpadasiswakelas IV SDN 3 NgetukNalumsariJepara. Pemahamankonsepmerupakankemampuan yang dimilikisiswadalammemahamisuatumateripelajaransertasiswamampumenyatakanulangsebuahkonsep, mengaplikasikankonsepataualgoritmadalampemecahanmasalah, danmengungkapkankembalikonsep yang dimilikinya.Model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT) adalah model diskusikelompokdenganpemberiannomorpadatiapanggotadalamkelompok, yang terdiridarifase 1: penomoran, fase 2: mengajukanpertanyaan, fase 3: berpikirbersamadanfase 4: menjawab. Penelitiantindakankelasinidilaksanakan di kelas IV SDN 3 NgetukNalumsariJeparadengansubjekpenelitian 18 siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebasdalampenelitianiniyakni model Numbered Heads Together(NHT). Sedangkanvariabelterikatnyayaknipemahamankonsepmatematikakhususnyapadamateripenjumlahandanpenguranganpecahan.Teknikpengumpulan data menggunakanteknikwawancara, observasi, tes, dandokumentasi.Instrumenpenelitian yang dipakaiadalahlembarwawancara, lembarobservasi, tesdandokumentasi.Analisis data yang digunakanmerupakananalisis data kualitatifdananalisis data kuantitatif. Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketuntasanketerampilan guru dalammengelolapembelajaranpadasiklus I sebesar 69,08% (baik) padasiklus II meningkatmenjadi 82,84% (baik). Aktivitasbelajarmatematikasiswapadasiklus I 63,14% (cukup) danpadasiklus II meningkatmenjadi 87,21% (sangatbaik). Nilaipemahamankonsepmatematikasiswapadamateripenjumlahandanpenguranganpecahanantarasiklus I (72,22%), dansiklus II (88,89%).

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs.Sucipto,M.Pd,Kons.
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, PemahamanKonsepMatematika, PenjumlahandanPenguranganPecahan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 09 Sep 2015 04:50
Last Modified: 09 Sep 2015 04:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4654

Actions (login required)

View Item View Item