The Use Of Introduction, Body, Conclusion, (Ibc) Strategy In Teaching Writing Recount Text To The Tenth Grade Students At Ma Nu Banat Kudus In The Academic Year 2015/ 2016

SAFITRI, NUR HAYATI (2016) The Use Of Introduction, Body, Conclusion, (Ibc) Strategy In Teaching Writing Recount Text To The Tenth Grade Students At Ma Nu Banat Kudus In The Academic Year 2015/ 2016. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (747kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (191kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (314kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (485kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (459kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (180kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (166kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (155kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Kemampuan menulis adalah bagaimana siswa dapat untuk berfikir, berbagi dan menyusun kata-kata ke dalam bentuk tertulis yang terorganisasi dan terstruktur berdasarkan pada topik yang diberikan. Teks Recount adalah salah satu dari banyak genre yang menjadi poin pada pengajaran kemampuan menulis untuk siswa kelas X. Pemilihan banyak topic teks recount diharapkan dapat membuat siswa menjadi kreatif pada aktivitas menulis. Sedangkanpenerapan Introduction, Body, Conclusion strategy dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks recount pada siswa kelas X MA NU BANAT Kudus Tahun Akademik 2015/2016 sebelum dan sesudah diajar menggunakan Introduction Body Conclusion strategy. Penelitian ini kuasi-eksperimental sebagai desain penelitian. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X MA NU BANAT Kudus Tahun Akademik 2015/2016 dan mengunakan satu kelas (X IPS 1) yang terdiri dari 46 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks recount siswa kelas X MA NU BANAT Kudus Tahun Akademik 2015/2016 sebelum diajarkan dengan menggunakan Introduction Body Conclusion stratwgy ditemukan nilai tertinggi 60, dan skor terendah 25. Dan dari perhitungan data, rata-ratanya 32.45, standar deviasi 13.86. Jadi, dikategorikan masih rendah. Sementara itu, dar ihasil tes kemampuan menulis teks recount siswa kelas X MA NU BANAT Kudus Tahun Akademik 2015/2016 setelah diajarkan menggunakan Introduction Body Conclusion strategy ditemukan nilai tertinggi 81, dan skorterendah 60. Dan dari perhitungan data, rata-ratanya 75.60 dan standar deviasi 4.08. Jadi, dikategorikan baik. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan uji-t. Hasilnya 31.64. Berdasarkan tingkat signifikasi df 45 di tingkat 5% adalah +2,00, berarti hasilnya lebih tinggi dari tingkat signifikansi, dan itu menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks recount pada siswa kelas sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan Introduction Body Conclusion strategy. Berdasarkan hasil di atas, penulis menyimpulkan bahwa Introduction Body Conclusion strategy baik dalam meningkatkan kemampuan menulis teks recount. Untuk guru, Introduction, Body, Conclusion strategy dapat diterapkan sebagai alternatif strategy dalam proses pengajaran menulis.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: dr. H. A. Hilal Madjdi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengajaran Bahasa Inggris, Menulis, Introduction, Body, Conclusion strategy
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 21 Jun 2016 04:31
Last Modified: 21 Jun 2016 04:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5172

Actions (login required)

View Item View Item