Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Inkuiri Berbantuan Gambar Seri Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Jebol Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015

SARI, ISA KARTIKA MAYANG (2015) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Inkuiri Berbantuan Gambar Seri Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Jebol Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penggunaan bahasa dalam berkomunikasi dapat dilakukan secara lisan dan tulis.Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang paling kompleks dan harus dikuasai siswa.Nilai UTS bahasa Indonesia menunjukkan 9 siswa belum mencapai KKM dari 15 siswa kelas IV SD 2 Jebol Mayong Jepara.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan, (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa, (3) keterampilan menulis karangan narasi dengan diterapkannya model inkuiri berbantuan gambar seri pada siswa kelas IV SD 2 Jebol Mayong Jepara?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan, (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa, (3) keterampilan menulis karangan narasi dengan diterapkannya model inkuiri berbantuan gambar seri pada siswa kelas IV SD 2 Jebol Mayong Jepara. Model pembelajaran inkuiri adalah suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Gambar seri adalah penyajian dua dimensi yang memanfaatkan rancangan gambar sebagai sarana penyampaian suatu pesan atau permasalahan yang konkret.Hipotesis penelitian ini adalah terdapat peningkatan, (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa, (3) keterampilan menulis karangan narasi dengan diterapkannya model inkuiri berbantuan gambar seri pada siswa kelas IV SD 2 Jebol Mayong Jepara. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 15 siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus.Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.Variabel bebas adalah penerapan model inkuiri berbantuan gambar seri.Variabel terikat adalah keterampilan menulis karangan narasi.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes.Tes berupa tes kinerja menulis karangan narasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai prasiklus yang diambil dari nilai UTS bahasa Indonesia menunjukkan (40%), keterampilan menulis karangan narasi siklus I (66%), siklus II (100%) dengan rata-rata nilai siswa prasiklus (57,14), siklus I (67,73), dan siklus II (84,80), didukung dengan skor rata-rata aktivitas siswa siklus I 1,73 (Kurang Baik) menjadi 3,16 (Baik) pada siklus II. Skor rata-rata keterampilan mengajar guru siklus I 1,90 (Kurang Baik) menjadi 3,30 (Sangat Baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan diterapkannya model pembelajaran inkuiri berbantuan gambar seri pada siswa kelas IV SD 2 Jebol Mayong Jepara tahun pelajaran 2014/2015.Selanjutnya, peneliti memberikan saran kepada siswa untuk sungguh-sungguh dalam kegiatan pembelajaran dan berlatih menulis terus-menerus untuk menghasilkan tulisan yang baik.Bagi guru model inkuiri berbantuan gambar seri dapat dijadikan reverensi dalam pembelajaran, khususnya bahasa Indonesia. Bagi sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk memperlancar proses pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Karangan Narasi, Inkuiri Berbantuan Gambar Seri.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 01:22
Last Modified: 22 Jun 2016 01:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5193

Actions (login required)

View Item View Item